7 Resort di Pulau Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi. Cantiknya Kebangetan!

Kliknusae.com - Kepulauan Seribu terkenal dengan deretan resort pulau kecil yang indah dan memiliki panorama alami. Selain itu, lokasi kawasan ini juga tidak terlalu jauh dengan Kota Jakarta. Tak jarang ketika memasuki jadwal liburan, kawasan ini selalu dikunjungi wisatawan. Mau liburan ke resort di Pulau Seribu?

Cara untuk menuju ke sini juga sangat mudah. Dari Jakarta, kamu hanya perlu menuju ke Muara Angke atau dermaga di Ancol, lalu naik kapal untuk menyeberang ke sejumlah resort yang diinginkan. Apa saja deretan pulau tersebut?

Berikut daftar 7 resort di Pulau Seribu yang wajib kamu kunjungi.

Pulau Tidung

Pulau Tidung dikenal sebagai pulau favorit di kepulauan ini. Hal ini tidak lepas dari pesona laut yang dimilikinya. Memiliki bentuk terpisah, Pulau Tidung Besar dan kecil dihubungkan dengan jembatan. Terkenal dengan jembatan cinta, pulau dengan luas 1,07 kilometer persegi ini menyajikan pemandangan keindahan alam, pantai, dan keanekaragaman biota laut.

Selain ada spot jembatan cinta yang sarat selfie, di Pulau Tidung kamu bisa juga melakukan aktifitas olahraga air misalnya snorkeling dan banana boat. Atau kamu juga bisa sekedar bersantai di pasir pantai yang indah.

Pulau Macan

Pulau ini memiki pesona alam yang indah dan bersih. Pulau Macan menyuguhkan konsep yang cukup unik dibandingkan pulau lainnya di wilayah Kepulauan Seribu. Konsep eco resort menambah daya tarik bagi wisatawan.

Di pulau ini terdapat eco resort dan fasilitas penunjang aktivitas wisata. Selain itu, terdapat area yang hanya terlihat jika air lautnya surut. Kamu bisa berjalan kaki ke area tersebut. Jangan lupa selfie ya!

Pulau Macan memiliki sejumlah fasilitas selain untuk menginap. Beberapa diantaranya adalah Club House digunakan untuk menikmati hidangan yang disajikan sekaligus bersantai sambil menonton film atau membaca.

Pulau Pramuka

Pulau ini berada di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini berpenduduk. Namun, Pulau Pramuka memiliki fasilitas yang lebih lengkap, karena berada di pusat pemerintahan. Jadi, kamu tidak akan mengalami kesulitan yang saat berlibur di pulau ini.

Area bagian belakang Pulau Pramuka ini menjadi diperuntukkan bagi kelesterian alam. Tepatnya dijadikan kawasan konservasi mangroove. Pulau ini juga jadi penangkaran penyu sisik dan ikan hiu.

Pulau Pari

Pulau ini dihuni oleh penduduk dengan beragam etnis, budaya dan agama. Penduduk hidup berdampingan dengan damai.

Pulau berbentuk ikan pari ini jadi salah satu spot favorit untuk wisata keluarga di Kepulauan Seribu. Selain lingkungannya yang nyaman dan aman bagi anak-anak, objek wisata yang ditawarkan juga bervariasi seperti snorkeling, wisata pantai dan mangroove.

Yang menarik adalah, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan dengan mencoba menanam bibit mangroove. Tak kalah seru, setelah menanam bibit, kamu bisa menjelajahi hutan tersebut menggunakan kapal kecil.

Pulau Sepa

Pulau dengan luas sekitar 9 hektar ini tidak ditemukan satu pun pemukiman warga. Dengan kata lain Pulau Sepa merupakan resort yang khusus digunakan sebagai tujuan objek wisata bahari. Apalagi sekeliling pulau ditumbuhi oleh rerimbunan pepohonan yang cocok sebagai tempat bersantai dan melepas penat.

Kamu pasti sering membayangkan berjalan di atas pasir putih tanpa alas kaki, tak perlu dibayangkan karena kamu bisa mencobanya di Pulau Sepa. Pantai di pulau ini terkenal bersih dan lembut sehingga kamu bisa leluasa bermain di pantai. Itulah sebabnya, Pulau Sepa jadi salah satu favorit wisatawan sebagai destinasi wisata keluarga.

Kamu bisa bermain bersama keluarga tanpa takut ada yang terluka. Kamu juga bisa mencoba berjemur di atas pasir yang lembut dan suasana tenang yang mendukung.

Pulau Harapan

Sebagai pulau berpenduduk, Pulau Harapan tentunya memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Banyak fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan untuk kenyamanan pengunjung.

Selain itu, ada beberapa hal unik yang membuat Pulau Harapan digemari wisatawan, bukan hanya para backpacker namun juga mereka yang ingin menikmati suasana wisata yang privat dan eksklusif, karena pulau ini dikelilingi banyak pulau kecil.

Pulau ini memiliki luas sekitar 6.7 hektar dan berada di sebelah utara Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Pulau ini dulunya dikenal dengan nama "Pulau Pelemparan". Nama tersebut diberikan karena awalnya pulau ini digunakan sebagai tujuan transmigrasi dan relokasi.

Pulau Pelangi

Salah satu resort di Pulau Seribu ini masih berada dekat wilayah Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara. Pulau Pelangi memiliki luas sekitar 12 hektar dan sangat pas untuk dijadikan destinasi wisata bahari bagi para pencinta alam dan laut.

Ombak pantainya cenderung tenang, jadi sangat aman untuk kegiatan Snorkeling yang masih menjadi aktivitas favorit bagi semua pengunjung. Jika kamu ingin berkeliling dan mengukur garis pantai, cukup 15-20 menit berjalan kaki.

Kepulauan Seribu terkenal dengan kondisi alam yang bersih. Bahkan beberapa area di pulau tertentu sengaja dikosongkan dan tidak dihuni.

Masyarakat sekitar sangat menjaga kearifan dan kealamian lingkungan sekitar. Hal ini yang patut kita pelajari selagi berwisata ke resort yang ada di Kepulauan Seribu. Karena beberapa kawasan juga dijadikan ruang hidup bagi warga, kita juga harus menjaga kealamian lingkungan agar tetap bersih juga sehat.

Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com!

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya