Menyelami Keindahan Kepulauan Seribu, Gugusan Permata Cantik Dekat Jakarta

Kliknusae.com - Kepulauan Seribu bisa dibilang jadi solusi wisata terbaik bagi warga Jakarta yang ingin keluar dari rutinitas yang penat. Memiliki pesona alam yang indah dan sejuk (berbeda dengan Jakarta), destinasi wisata Pulau Seribu sangat dekat dengan ibu kota.

Hal ini membuat banyak warga Jakarta yang memilih berwisata ke pulau ini. Stigma masyarakat tentang Jakarta yang penuh dengan kesibukan dan jarang dari pemandangan alam yang indah, namun dengan hadirnya kepulauan ini, anggapan tersebut sedikitnnya terobati.

Sesuai namanya, kepulauan ini merupakan gugusan pulau kecil yang sedap untuk dipandang mata. Karena itu, kepulauan ini dijadikan sebagai Taman Nasional dengan luas kurang lebih 108.000 ha. Tentunya dikenal sebagai tempat wisata serta kawasan konservasi.

Gugusan Pulau yang Indah di Kepulauan Seribu

Pulau Tidung

Pulau Tidung dikenal sebagai pulau idola dari kepulauan ini. Hal ini tidak lepas dari pesona laut yang dimilikinya. Memilik bentuk terpisah, Pulau Tidung Besar dan kecil dihubungkan dengan jembatan. Terkenal dengan jembatan cinta.

Pulau Macan

Pulau ini memiki pesona alam yang indah dan bersih. Pulau Macan menyuguhkan konsep yang cukup unik dibandingkan pulau lainnya di wilayah Kepulauan Seribu. Konsep eco resort menambah daya tarik bagi wisatawan.

Di pulau ini terdapat eco resort dan fasilitas penunjang aktivitas wisata. Selain itu, terdapat area yang hanya terlihat jika air lautnya surut.

Pulau Pramuka

Pulau ini berada di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini berpenduduk. Namun, Pulau Pramuka memiliki fasilitas yang lebih lengkap, karena berada di pusat pemerintahan. Jadi, kamu tidak akan mengalami kesulitan yang saat berlibur di pulau ini.

Area bagian belakang Pulau Pramuka ini menjadi diperuntukkan bagi kelesterian alam. Tepatnya dijadikan kawasan konservasi mangroove. Pulau ini juga jadi penangkaran penyu sisik dan ikan hiu.

Pulau Pari

Pulau ini dihuni oleh penduduk dengan beragam etnis, budaya dan agama. Penduduk hidup berdampingan dengan damai. Pulau berbentuk ikan pari ini jadi salah satu spot favorit untuk wisata keluarga di Kepulauan Seribu. Selain lingkungannya yang nyaman dan aman bagi anak-anak, objek wisata yang ditawarkan juga bervariasi seperti snorkeling, wisata pantai dan mangroove.

Pulau Sepa

Kamu pasti sering membayangkan berjalan di atas pasir putih tanpa alas kaki, tak perlu dibayangkan karena kamu bisa mencobanya di Pulau Sepa. Pantai di pulau ini terkenal bersih dan lembut sehingga kamu bisa leluasa bermain di pantai. Itulah sebabnya, Pulau Sepa jadi salah satu favorit wisatawan sebagai destinasi wisata keluarga.

Kamu bisa bermain bersama keluarga tanpa takut ada yang terluka. Kamu juga bisa mencoba berjemur di atas pasir yang lembut dan suasana tenang yang mendukung.

Sebenarnya masih ada lagi pulau indah yang bisa kamu kunjung di Kepulauan Seribu. Dari gambaran barusan, destinasi di kepulauan ini memiliki panorama yang indah. Pasir yang bersih, laut biru, serta biota laut yang menakjubkan jadi potensi wisata yang bagus.

Bagaimana Cara Menuju ke Kepulauan Seribu?

Kepulauan ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jakarta. Tepatnya sebelah utara, di kawasan Teluk Jakarta. Kurang lebih jarak dari pantai Kota Jakarta bagian utara sekitar 15 hingga 50 kilometer.

Untuk perjalanan setiap pulau berbeda-beda, waktu dari 25 menit sampai 2 jam perjalanan. Jika kamu dari Jakarta, Untuk sampai kesana kamu bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus atau mobil pribadi menuju Muara Angke. Lalu kamu bisa menyeberang dengan menggunakan kapal.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum, bisa naik Busway dan turun di Pluit. Setelah itu dari Pluit kamu bisa naik angkutan umum (angkot) ke Muara Angke

Kepulauan Seribu Kawasan Ekonomi Khusus

Pulau Seribu sebagai salah satu tempat Pariwisata Indonesia di Jakarta yang banyak dikunjungi ini mempunyai beragam keunikan dan panorama yang indah. Seperti misalnya ikan karang yang sangat beragam, air laut yang sangat bersih dan indah, terumbu karang, penginapan yang nyaman dan lain-lain.

Potensi tersebut yang membuat kawasan wisata ini dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Pembenahan dan pembangunan terus dilakukan untuk enunjang fasilitas, kelayakan dan keamanan berwisata. Hal tersebut digagas guna pemulihan dampak pandemi terhadap ekonomi sektor pariwisata. Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya