Wow, Indonesia Juga Memiliki Sungai Amazon, Dimana?

Klik video suasana alam rawa bento di atas

JAMBI, Kliknusae.com - Amazing. Inilah kata yang akan terucap begitu menginjakan kaki di kawasan objek wisata satu ini.

Sebagai salah satu wisata minat khusus (Special Interest Tourism) memang keberadaannya mampu memberikan sebuah tantangan sekaligus pengalaman baru.

Jika selama ini hanya membayangkan lewat film-film Hollywood terhadap "ganas" nya sungai Amazon di Amerika Serikat, disini pengunjung akan mendapatkan pemandangan yang sama.

Sungai yang mengalir meliuk-liuk membelah rawa dan hutan, namun tak sebahaya di Amazon-sebagai sungai teranjang di dunia. Tidak ada hewan ganas. Namun memiliki suasana yang mirip dengan Amazon.

Sungai yang sedang menjadi pembicaraan para traveler itu adalah, Rawa Bento di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Rawa yang berada di ketinggian 1300 mdpl dan punya luas mencapai 1000 hektar ini tawarkan keindahan yang begitu luar biasa.

"Saat ini, Rawa Bento menjadi tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke Jambi. Alamnya yang masih sangat alami dan mudah dijangkau menjadi salah satu alasan lokasi ini menjadi pilihan berlibur," kata wartawan senior Jambi, Chudori ketika dihubungi Kliknusae.com, Minggu (24/01/2021).

Dalam channel youtube miliknya @DORIBae, digambarkan bahwa kawasan wisata ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan memperhatikan kearifan lokal. Termasuk dari sisi keamanan dan kenyamanan pengunjung

Sesuai namanya, rawa ini ditumbuhi banyak tumbuhan air yang oleh penduduk sekitar disebut bento. Air di rawa ini bersifat tawar dan mengalir dari gugusan pegunungan di Kabupaten Kerinci.

Konon, dahulu tempat ini merupakan danau, sebelum mengalami pendangkalan hingga berubah menjadi rawa.

Perubahan alam tersebut justru hasilkan pemandangan menarik. Area sekitar rawa jadi tampak hijau segar berkat hamparan rumput bento. Tak heran jika banyak wisatawan lantas tertarik datang ke sini.

Selain rumput bento, rawa ini juga dihiasi vegetasi lain seperti deretan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Panorama yang tersaji pun jadi sangat mengagumkan. Bahkan jika cuaca sedang cerah, kalian bisa melihat gagahnya Gunung Kerinci dari sini.

Jika dilihat dari kejauhan, air yang menggenang di Rawa Bento berwarna hitam pekat. Padahal saat diperhatikan lebih seksama, air tersebut sangatlah jernih. Saking jernihnya, ekosistem dalam air jadi terlihat jelas hanya dari permukaan.

Terdapat aneka jenis ikan yang hidup di rawa ini. Di antaranya adalah ikan semah, seluang, Pareh, dan belut.

Kalian juga  bisa melihat kawanan ikan tersebut berenang hilir mudik, bersembunyi di bawah tumbuhan eceng gondok, dari pinggiran rawa.

Keunikan lain dari rawa ini adalah jenis tanahnya. Sebagai lahan basah, permukaannya terasa lembut dan sedikit berair. Berjalan di atasnya menjadi tantangan tersendiri. Membutuhkan kejelian.

Aktivitas Sekitar Rawa

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini. Yang paling ditunggu-tunggu adalah, naik perahu kano penduduk setempat yang bisa disewa untuk mengelilingi rawa. Sensasi seru ini kerap memikat hampir semua wisatawan yang datang, bahkan turis asing sekalipun. Kalian bakal melihat keindahan rawa dari berbagai sisi berbeda.

Buat kalian yang hobi melakukan bird watching, rawa ini adalah tempat yang tepat. Tercatat ada tidak kurang dari 13 jenis burung air dan 39 jenis burung lain yang bisa kalian saksikan di sini.

Menariknya lagi, beberapa di antaranya merupakan burung migran, yang hanya bisa dijumpai di waktu-waktu tertentu.

Selain burung, kerbau liar milik milik warga, hingga hewan primata yang kerap nampak bergelantungan di dahan pohon dekat rawa bisa menjadi pemandangan yang menajubkan.

Akses Menuju Lokasi

Rawa Bento masuk wilayah Desa Kresik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Jika  hendak berkunjung ke sini bisa menggunakan transportasi darat, dengan menempuh jarak kurang lebih 44 km dari Kota Sungai Penuh.

Gimana? Tertarik mengunjungi "Amazon-nya" Indonesia ini? (*/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya