Soal Wisata Super Premium, Wishnutama Yakinkan Warga Labuan Bajo Tak Perlu Khawatir

Kliknusae.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyakin masyarakat Labuan Bajo,Nusa Tenggara Timur untuk tidak khawatir terhadap rencana pemerintah menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi super premium.

Sebaliknya dengan cluster executive ini akan menjadikan nilai tambah karena akan makin banyak wisatawan berduit datang berkunjung. Apalagi pemerintah juga akan menyiapkan fasilitas seperti bandara yang bisa didarati pesawat berbadan lebar (wide body).

Wishnutama meminta agar untuk wisata super premium ini jangan lihat setengah-setengah. Namun  harus melihatnya secara utuh. Apa  yang pemerintah rencanakan, bagaimana strateginya, serta jangka ke depannya seperti apa.

Baca Juga: Tiket Masuk Labuan Bajo Rp 14 Juta Per Orang, Aah No Problem Boss"¦

"Yang pasti tujuan dijadikannya Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium adalah untuk kesejahteraan masyarakat, devisa negara, dan untuk menjaga alam," kata Wishnutama sebagaimana dikutip detikcom, Selasa (3/12/2019).

Menparekraf menjelaskan, berbagai hasil kerajinan atau suvenir serta ragam festival budaya di sektor ekonomi dan kreatif akan lebih dipoles dan diberikan nilai tambah. Supaya, menjadi daya tarik yang lebih memukau wisatawan.

https://www.instagram.com/p/B5fhQRSgGiz/

"Sektor-sektor ekonomi kreatif di sana dari suvenir sampai festival nanti kita poles. Malah kita punya rencana, untuk menjadikan Labuan Bajo sebagai hub ekraf (ekonomi kreatif) di NTT," ungkap Wishnutama.

Menurutnya, kalau suvenirnya ada nilai tambah, pasti turis akan lebih banyak yang beli bukan. Kemudian, pemerintah juga sedang membangun fasilitas penunjang pariwisata di Labuan Bajo secara besar-besaran.

Baca Juga: Leonardo DiCaprio Cocok Untuk Duta Wisata Labuan Bajo

Landasan pacu bandaranya diperpanjang, supaya pesawat wide body bisa mendarat. Pelabuhan juga dikelola, agar kapal-kapal yacht bisa datang dengan mudah.

"Apalagi kita sudah mengundang investor untuk pembangunan hotel dan lainnya. Kita sedang membangun pariwisata di Labuan Bajo," kata Wishnutama.

Perdebatan terhadap rencana pemerintah menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi super premium sampai saat masih menjadi perdebatan warga lokal.

Mereka risau karena label 'super premium' pada Labuan Bajo. Dengan label tersebut, ditakutkan malah sedikit turis yang datang.

Baca Juga: Badan Otorita Harus Percepat Pengembangan Pariwisata Labuan Bajo

Tentang hal itu,Wishnutama berharap masyarakat mentelaah terlebih dahulu dan mengikuti informasi yang kredible,terutama dari kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap rencana apa saja yang akan dipersiapkan.

Karena pemerintan tentu juga melihat perubahan ini harus mengarah kepada pertumbuhan. Termasuk bertambahnya turis yang akan datang.

"Lho tentu tidak, justru apa yang kita lakukan dengan pembangunan pariwisata, malah makin memudahkan turis yang datang. Nanti pesawat wide body (berbadan lebar) bisa mendarat. Dari pelabuhan, turis naik yacht banyak yang datang. Justru sekali lagi, turis makin mudah dan banyak yang datang," tutup Wishnutama.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya