Inilah 9 Etape Tour de Singkarak 2019, Plus Rute Baru

Kliknusae.com - Sport tourism berupa balapan sepeda berskala internasional, Tour de Singkarak (TdS) 2019 mulai digelar. Event balap sepeda tersebut, start berlangsung hari ini (2 November 2019) dan berakhir 10 November 2019 mendatang.

Tour de Singkarak merupakan event balapan sepeda jalan raya jarak jauh dan berlangsung selama seminggu. Tahun ini TdS memasuki penyelenggaraan ke-11. Jangkauannya pun diperluas hingga terbagi dalam sembilan etape dan melintasi 16 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Ribuan peserta akan menempuh total rute sepanjang 1317,3 kilometer.

Etape pertama dimulai pada 2 November, dengan titik start dari Pantai Gondoriah, Kota Pariaman menuju Istana Baso Pagaruyung Tanah Datar sejauh 107.3 Km. Lanjut keesokan harinya (3/11), Etape kedua akan start di Kantor Bupati Pasaman menuju Jam Gadang Bukittinggi sejauh 112.2 km. Etape ketiga pada 4 November, dimulai dari Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota menuju Kota Padang Panjang sejauh 125.6 km.

Kemudian Etape keempat (5/11) akan dimulai dari Kantor Bupati Dharmasraya dan finish di Lapangan Segitiga Sawahlunto dengan rute sejauh 205.3 km. Lalu Etape kelima pada 6 November, peserta akan memulainya dari Ngalau Indah Payakumbuh dan finish di Embun Pagi Agam dengan jarak sejauh 206.5 km.

Selanjutnya, pada 7 November, Etape 6 TdS akan dimulai dari Dermaga Singkarak, Kabupaten Solok dan finish di RTH Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan sejauh 214.2 km. Lanjut ke Etape 7, dimulai dari Air Terjun Telun Berasap Kayu Aro menuju Dermaga Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci dengan jarak tempuh 82.9 km.

Etape 8, Tour de Singkarak akan start dari Lapangan Merdeka Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh dan finish di Taman Painan Kabupaten Pesisir Selatan sepanjang 200.4 km. Terakhir, 10 November, Etape 9 peserta akan start dari Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan dan finish di Pantai Cimpago Padang dengan jarak tempuh 107.7 km.

Menariknya, di etape ke-9 ini para peserta akan menjajal rute baru dari Tour de Singkarak. Pantai Carocok dan Pantai Cimpago merupakan Kawasan Wisata Mandeh, terletak di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jalan di kawasan Mandeh sepanjang 41,08 kilometer merupakan jalur baru yang selesai akhir 2018 lalu.

Di rute baru tersebut, peserta akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan. Perjalanannya sangat istimewa karena melintasi pemandangan indah Samudera Hindia hampir sepanjang perjalanan. Sungguh pengalaman yang sangat menarik, bersepeda sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah dari Sumatera Barat.*** (IG/sumber: pesona.travel)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya