13 Provinsi Perebutkan Tropi Gubernur Jawa Barat Di Kejuaraan Panjat Tebing

Kliknusae.com - Sebanyak 117 atlet panjat tebing Indonesia meramaikan kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat yang digelar di Wall Climbing SOR Sapura Kota Bandung mulai 8-10 Agustus mendatang.

Pembukaan kejuaraan Gubernur Cup ini berlangsung,Kamis (8/8/2019) pagi oleh Gubernur Jawa Barat yang diwakili Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Ahmad Hadadi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Engkus Sutisna dan Ketua KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin.

Ketua Pelaksana  Engkus Sutisna mengatakan bahwa kejuaraan panjat ini bertujuan menciptakan pola pembinaan olahraga panjat tebing yang terintegrasi dengan melibatkan seluruh komponen,baik pemerintah maupun swasta.

"Disamping itu juga sebagai sarana unyuk melakukan evaluasi prestasi atlet selama melakukan pembinaan di daerah," jelasnya.

Menurut Engkus event ini bisa disebut juga bagian dari pemanasan sebelum menuju PON XX 2020 di Papua mendatang.

"Rencananya ada 1000 atlet lebih dari Jawa Barat yang akan mengikuti PON XX nanti dengan mengirim 12 cabang olahraga (cabor)," kata Engkus kepada Klik nusae,sebelum acara dimulai.

Disamping itu kejuaraan yang memperebutkan piala Gubernur Jawa Barat ini adalah sebagai ajang silahturahmi dan mempererat persaudaraan seluruh komunitas panjat tebing seluruh Indonesia.

Untuk mendukung peraihan prestasi dalam PON nanti,Dispora Jabar menggelar kejuaraan daerah (kejurda) diantaranya Tenis Meja,Pajat Tebing,Selam (Cirebon),Volly Pasir (Ciamis),Balap Sepeda (Cimahi) dan beberapa cabor lainnya.

Gubernur Jawa Barat dalam sambutan yang dibacakan Ahmad Hadadi berpesan agar pesera kejuaraan bisa mengikuti ini dengan baik dan tetep menjujung sportivitas.

"Kita tujukan sehat karena berolahraga, Pak Gubernur sangat menekankan para atlet panjat tebing menjauhi narkoba," tegasnya.

Ditempat yang saat Ketua KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kejuaraan panjat tebing ini.

"Kepada Dispora Jabar kami mengucapkan terima yang terus menerus mencari dan mengukur kemampuan para atlet, khususnya di cabang panjat tebing," tegas Ahmad Saefudin.

Tercatat ada 13 provinsi yang mengirimkan atletnya untuk berlaga di Gubenur Cup 2019 Jawa Barat. Ke-13 provinsi tersebut adalah Tim Pelatda Jawa Barat,Banten,DKI Jakarta,Jawa Timur,Bali,Aceh,Sumatera Barat,Kepulauan Riau,Provinsi Riau, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah  dan Sulawesi Selatan.

"Ada 2 atlet dari Singapura yang ikut dalam kejuaraan ini," tambah Engkus.

Dari 117 orang peserta, mereka terbagi dari 92 atlet putra dan 25 atlet putri. Sementara total hadiah yang diperebutkan dalam kejuaraan ini sebesar Rp 52 juta.

Para sponsor yang mendukung kejuaraan tersebut yakni PT EMPI (Eiger), Bank BJB,Pocari Sweat,Abalaba Climbing Hold,Wardah dan Glamping.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya