Alaa..Di London Juga Banyak Copet

Klik nusae - Copet ditempat ramai ternyata tak hanya ditanah air. Kota besar seperti London,Inggris juga tak luput dari urusan kutil-mengutil ini. Sasarannya,para wisatawan yang sedang asyik mengabadikan spot-spot destinasi.

Seperti kejadian kurang mengenakkan yang dialami dua turis asal Thailand, Nina Spencer dan Toi, saat jalan-jalan di kota dengan julukan The Smoke ini.

Keduanya tengah menyebrang Cambridge Circus sembari membuat vlog mengabadikan momen perjalanan mereka di London.

Setelah selesai menyebrang jalan, Toi melihat ke dalam tas Louis Vuitton-nya dan sadar tas kecil berisi 400 pound sterling atau sekitar Rp7 juta dan kartu kreditnya sudah lenyap diambil copet.

Toi dan Nina berinisiatif segera memutar kembali rekaman ketika mereka menyeberang jalan dan berhasil melihat kejadian sebenarnya.

Di rekam gambar tersebut, tampak perempuan berbusana rapi mengenakan jumper dan kacamata hitam.

Lalu, ada pula perempuan lain memakai jaket kulit hitam memegang ponsel pintar berwarna merah dengan pandangan mata terus mengarah ke tas Toi.

Baca Juga: Branding Wonderful Indonesia Kembali  Ditebar Di London

Pada saat itu, perempuan memakai kacamata terlihat memakai katong belanja besar untuk menutupi tangannya yang merogoh tas Toi dan berhasil meraih tas kecil di dalamnya.

Berikutnya, muncul perempuan memegang jaket oranye, juga memakai kacamata hitam. Ia berjalan di belakang perempuan yang tadi merogoh ke dalam tas Toi dan tampak menerima tas kecil yang sekarang hilang.

https://www.youtube.com/watch?v=CiiGKMkv_z4

Berhasil membawa barang curian, ketiga perempuan yang diduga komplotan pencopet tersebut berjalan ke tiga arah berbeda.

Seperti dilansir Viral Press, Sabtu (6/7/2019),berbekal hasil rekaman tersebut, Nina sudah melaporkan kejadian ini pada polisi.

Portal destinasi yang berbasis di Inggris Bored Panda menukilkan, rata-rata ada 600 ribu kejadian pencopetan setiap tahunnya di Britania Raya. Tingkat kejahatan ini menanjak sampai 20 persen di antara tahun 2010--2012.

Baca Juga: Kemenpar Kembali Geber Promosi Di London

Kota-kota dengan kasus pencopetan tertinggi berdasarkan ulasan pengguna TripAdvisor adalah Barcelona, Roma, Praha, Madrid, Paris, Florence, Buenos Aires, Amsterdam, Athena, dan Hanoi.

Sayangnya, turis selalu jadi target langganan para copet. Mereka biasa stand by di banyak atraksi turis, mulai dari jalanan, sampai pusat-pusat keramaian lain, bahkan di kuil sekalipun.

Lewis Sage-Passant, mantan anggota militer asal Inggris menyarankan, turis jangan sampai mengidentifikasi di mana persisinya barang berharga diletakkan.

"Jangan berikan pencopet sinyal dengan terus memegang kantong untuk memeriksa dompet Anda, misalnya," tutur Lewis.

Nah, bagi Anda yang sering berpelesiran usahakan posisi tas kecil selalu berada di depan. Jangan sesekali membiarkan tergelantung dengan di belakang.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya