Indonesia Punya Destinasi Sport Tourism Berskala Internasional

Klik nusae - Beberapa daerah di Indonesia kini sangat gencar mempromosikan pariwisatanya lewat sport tourism. Salah satu bentuknya dengan menggelar event berskala internasional, seperti Tour de Ijen, Ironman 70.3 Bintan, Tour de Singkarak, hingga Borobudur Marathon.

Sport tourism saat ini, juga memang menjadi salah satu atraksi wisata yang sedang gencar dipromosikan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Atraksi wisata satu ini dinilai berhasil menarik wisatawan untuk mengunjungi Indonesia. Pada dasarnya, sport tourism merupakan kombinasi acara antara event olahraga sekaligus promosikan pariwisata di daerah.

Seperti dikutip dari laman pesona.travel, di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang sangat gencar mempromosikan sport tourism untuk menarik wisatawan dengan menggelar event berskala internasional, seperti Tour de Ijen, Ironman 70.3 Bintan, Tour de Singkarak, hingga Borobudur Marathon.

Destinasi sport tourism di Indonesia memiliki keunggulan bukan hanya dari kemasan acaranya, namun juga dilengkapi daya tarik latar panorama alam yang sangat indah. Beberapa daerah di Indonesia yang menjadi destinasi sport tourism diantaranya:

Kepulauan Riau

Daerah ini menjadi tujuan utama sport tourism di Indonesia. Tercatat ada 3 event sport tourism yang masuk ke dalam Calander of Event (CoE) Kemenpar 2019, yaitu Bintan Triathlon, Ironman 70.3 Bintan, dan Tour de Bintan. Selain ketiga event unggulan tersebut, Kepulauan Riau juga sering menggelar event golf berskala internasional.

Eventnya tersebut terbukti sukses menggaet wisatawan mancanegara berkunjung ke Kepulauan Riau. Selain kemasan menarik, letak Kepulauan Riau pun sangat strategis, cukup dekat dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, hingga Vietnam.

 Sumatera Barat

Sumatera Barat kerap menjadi destinasi favorit pecinta sport tourism dan mendapat perhatian wisatawan mancanegara. Event unggulannya yaitu Tour de Singkarak. Event bersepeda skala internasional ini setiap tahunnya selalu menarik wisatawan pecinta olahraga bersepeda. Tour de Singkarak biasanya digelar selama 3-4 hari, dan menampilkan pemandangan perbukitan dan Danau Singkarak yang indah.

Jawa Timur

Selanjutnya Jawa Timur, yang sama seperti di Sumatera Barat. Daerah ini juga mempunyai event bersepeda internasional, yaitu Tour de Ijen yang digelar rutin setiap tahunnya di Banyuwangi. Salah satu ciri khas dari Tour de Banyuwangi yang paling dikenal adalah tanjakan 'neraka'. Tanjakan ini merupakan trek menuju ke Gunung Ijen dengan ketinggian sekitar 1880 mdpl. Biasanya rute ini ada di etape terakhir dari Tour de Ijen.

Jawa Tengah

Daerah lainnya ada Jawa Tengah. Di sana berbeda dengan Jawa Timur dan Sumatera Barat yang punya event sepeda internasional. Jawa Tengah lebih membidik olahraga lari marathon. Event unggulannya lari marathon internasional bertajuk Borobudur Marathon. Lomba ini hadir dengan 3 kategori lari, yaitu Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,095 km), dan 10K (10 km).*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya

E-Magazine Nusae