Pengen Tau,Bule Suka Gorengan Apa?

Klik nusae - Siapa yang tak kenal gorengan. Inilah  camilan khas Indonesia bercitarasa gurih. Biasanya, masyarakat Indonesia menikmati gorengan bersama hidangan minuman seperti kopi, es teh manis, atau teh manis hangat.

Namun, tahu kah Anda bahwa masyarakat mancanegara juga gemar menyantap makanan gorengan saat bertandang atau berlibur ke Indonesia?

Kepala Chef Hotel Four Points by Sheraton, Samuel mengungkapkan bahwa para turis dari luar negeri memang menyukai beberapa jenis gorengan seperti pisang goreng, risol, dan gorengan lainnya.

"Biasanya yang suka itu dari Australia, India, Jepang, Korea, Amerika juga ada, Perancis, dan terakhir Arab. Mereka penasaran seperti apa rasanya," ujarnya di Jakarta, Jumat (26/04/2019).

Menurut pengamatan Samuel selama menjadi chef hotel yang banyak dikunjungi tamu dari luar negeri, para wisatawan mancanegara itu sangat tertarik dengan pisang goreng.

Turis menganggap bahwa pisang goreng adalah makanan unik. Selain itu, Samuel mengatakan, para turis yang sudah mencoba pisang goreng mengaku suka dengan cita rasanya yang gurih dan manis. Terlebih sajian ini tak ada di negara lain.

"Mereka penasaran dan ternyata suka," ujar Samuel.

Lebih lanjut Samuel mengungkapkan, yang sangat tertarik dengan pisang goreng adalah beberapa turis asal Korea. Mereka seringkali bertanya dan terlihat sangat penasaran.

Lalu bagaimana di Bandung dengan segudang gorengan yang enak-enak,seperti Basreng,Cilok,Batagor dan lainnya.

Ketua Indonesian Chef Association (ICA) Jawa Barat Anton Kuswendi mengemukakan untuk tamu asing yang berkunjung ke Bandung memang tak spesifik meminta pesanan gorengan. Hanya saja,dalam moment tertentu suka ada yang menanyakan cemilan ini.

"Kalau di saya sih jarang ya. Tapi mereka sangat menyukai makanan khas lain asal Jawa Barat," kata Anton yang juga Executive Chef GH Universal Hotel Bandung.

Hal yang sama juga dikemukakan Executive Chef Sari Ater Hotel & Resort Chef Yana bahwa kecenderungan wisatawan asing terhadap makanan tradisional cukup tinggi. Seperti wisatawan dari Timur Tengah sangat menyukai minuman khas seperti Jus Nanas yang disajikan secara original.

"Kalau untuk permintaan gorengan, ada juga sih,tapi ya tak terlalu banyak," kata Chef Yana.

(adh)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya