Inilah 6 Pengembangan Fungsi Drone di Dunia

Kliknusae.com - Fungsi drone kini terus dikembangkan di beberapa negara. Drone nantinya bukan hanya berfungsi untuk mengambil foto atau video udara, tapi sedang dikembangkan untuk kebutuhan industri bidang lainnya, seperti otomotif, jasa pengiriman, jasa pengantar makanan, pertanian, dan lainnya.

Berikut ini ada 6 fungsi drone yang sedang dikembangkan di dunia, antara lain:

Pengiriman makanan

Konsep pengmebangan fungsi drone ini bisa memungkinkan untuk semisal pengiriman pizza. Pemesan hanya tinggal menunggu di halaman rumah atau jendela rumahnya. Konsep ini pun telah diperlihatkan sebuah perusahaan otomotif Ford. Dalam konsep tersebut, ke depannya tentu saja bukan hanya makanan, namun barang lain pun bisa dikirim, seperti obat-obatan atau barang-barang kecil.

Operasi Kendaraan Khusus

Konsep drone untuk operasi kendaraan khusus tersebut berfungsi untuk misi penyelamatan. Perusahaan Land Rover Hero sudah mendukung hal ini. Perusahaan itu telah merancang dan membangun Land Rover Discovery khusus yang menampilkan drone. Saat ini model kendaraan sedang diuji oleh Palang Merah Austria ketika sedang melakukan misi pencarian dan penyelamatan.

 

Drone dipasang pada kendaraan secara magnetis dan dapat meninggalkan kendaraan, lalu kembali lagi. Bahkan bisa digunakan saat kendaraan sedang bergerak. Proyek ini menjadi salah satu contoh bagaimana drone dapat digunakan secara efektif untuk mencari orang hilang.

Asisten Drone Audi

Raksasa pabrikan mobil Audi telah merancang pabrik mobil untuk masa depan. Dalam lingkungan kerja yang futuristik ini, baik drone dan pekerja manusia akan bekerja bersama membangun mobil seefisien SDM dan drone-ly. Di sana drone dapat mengirimkan suku cadang ke berbagai area pabrik, melakukan pemeriksaan kualitas pada kendaraan, terutama pada area yang sulit dijangkau atau dilihat manusia.

Pengiriman Paket atau Surat

Gagasan ini dikembangkan perusahaan besar seperti Amazon. Perusahaan ini sudah mengembangkan fungsi drone untuk mengirimkan barang kepada pelanggannya. Bahkan Amazon telah meluncurkan layanan yang disebut Prime Air di situs web mereka.

Percobaan secara pribadi sudah digelar di Inggris, hasilnya pengiriman dilakukan dalam waktu sekitar 30 menit. Kemudian sebuah paket berhasil dikirim ke pelanggan dalam 13 menit setelah dipesan. Kini Amazon masih melakukan penelitian untuk mencari tahu apa yang sebenarnya dapat dicapai oleh drone. Mereka pun telah mematenkan teknologi yang memungkinkan drone bereaksi terhadap gerakan manusia seperti melambaikan tangan atau meneriaki mereka.

Hiburan

Sebagian besar banyak menggunakan drone untuk yang satu ini, kegunaan model praktis. Namun yang ini murni menyenangkan! Raksasa penyiaran, Sky baru-baru ini mengumumkan investasi sebesar $ 1 juta ke dalam Drone Racing League. Olahraga ini melibatkan pilot drone untuk balapan drone mereka dengan kecepatan tinggi. Perlombaan pun telah diumumkan oleh Fox Sports dan Eurosport.

Pertanian

Industri pertanian sudah menggunakan drone untuk memantau lahan pertanian, melakukan analisis pada tanah, dan bahkan menggembalakan ternaknya. Penggunaan drone dapat meningkat dalam waktu dekat. Di Jepang penelitian sedang dilakukan dalam produksi drone berukuran serangga yang dapat digunakan untuk menyerbuki tanaman.*** (IG/sumber: brainberries.co)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya