Mengunjungi 10 Destinasi Terbaik Di  Indramayu

JELAJAH NUSA - Posisinya yang cukup strategis membuat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat kini menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan dalam sektor pariwisata. Apalagi pemerintah setempat sedang berupaya memperbaiki infrastruktur pendukung di beberapa destinasi wisata.

Jadilah Indramayu sebagai daerah yang mulai dilirik wisatawan. Secara geografis, Kabupaten Indramayu diuntungkan dari sisi  batas wilayah.

Sebelah utara, Indramayu berbatasan dengan Laut Jawa,kabupaten Majalengka dan kabupaten Sumedang di sebelah Selatan.

Di sebelah Barat berbatasan dengan dengan kabupaten Subang, dan di Tenggara ada kabupaten Cirebon.

Banyak tempat wisata terindah di Indramayu. Disini kita  dapat menemukan museum, pemandangan, petualangan dan beberapa spot menarik lainnya.

Berikut 10 destinasi yang Anda wajib kunjungi saat berada di kota ini.

  1. Pulau Biawak

Pulau Biawak, Indramayu. Secara geografis, lokasi Pulau Biawak berada di jarak sekitar 40 kilometer sebelah Utara dari Indramayu. Pada GPS, posisi koordinat Pulau Biawak ini berada pada titik -6.0038837,106.7767003.

Meski terkenal  Pulau Biawak, masih terdapat pula dua pulau lainnya yang hampir mirip keadaannya dengan pulau Biawak ini. Tempat wisata Pulau Biawak  Indramayu ini terkenal karena banyaknya hewan biawak yang mendiami hampir di seluruh pulau.

Selain itu, pemandangan pulau Biawak itu sendiri juga cukup indah untuk dikunjungi. Terdapat sebuah mercu suar tua membantu lalu lintas pelayaran di sekitar Indramayu ini.

Konon, mercu suar ini telah ada sejak zaman penjajahan dahulu. Dua pulau lainnya yang berada di sekitar tempat wisata Indramayu Pulau Biawak adalah Pulau Gosong dan Pulau Candikian.

  1. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya, Indramayu. Lokasi geografis Pantai Tirtamaya ini berada di terletak di Desa Juntinyuat, Juntinyuat, Indramayu.

Pantai ini mempunyai jarak sekitar 20 kilometer dari kota Indramayu. Koordinat tempat wisata Pantai Tirtamaya pada GPS berada pada titik -6.4069639,108.4234374.

Selain itu, pantai di Indramayu ini adalah salah satu tempat wisata alam terfavorit di Indramayu. Untuk mengunjungi pantai Tirtamaya, Indramayu ini akses jalannya sudah sejak lama diperbaiki.

Wajar, karena tempat wisata ini telah dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Sampai saat ini keadaannya semakin lama semakin bertambah bagus

  1. Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah, Indramayu. Tempat wisata alam lain di Indramayu adalah Pantai Balongan Indah. Tempat wisata pantai ini lebih terkenal dengan sebutan Pantai Bali (Balongan Indah).

Pantai di Indramayu ini terletak di Kecamatan Balongan, Indramayu. Koordinat Pantai Balongan Indah ini berada pada titik -6.3567045,108.3857415.

Pantai ini menawarkan pemandangan khas pantai utara dengan pasir hitam yang cantik. Saat yang paling tepat ke pantai di Indramayu ini adalah pagi dan sore hari.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang elok dan cantik dapat anda temui. Harga tiket masuk ke Pantai Balongan Indah ini sebesar Rp 5.000,00 per orang.

Anda dapat mengajak siapa saja untuk berkunjung ke tempat wisata keluarga Pantai Balongan Indah ini. Baik dengan mengendarai kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum.

Oiya, Pantai Balongan Indah, Indramayu ini buka setiap hari.

  1. Pantai Glayem
Pantai Glayem, Indramayu. Lokasi Pantai Glayem pada peta terletak tidak jauh dari Pantai Tirtamaya, Indramayu.

Secara tata negara, tempat wisata alam Pantai Blayem ini berada di desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Koordinat GPS tempat wisata keluarga di Indramayu ini berada di -6.4213077,108.4310281.

Pantai di Indramayu ini sebenarnya kurang cocok untuk bermain ombak, dikarenakan terlalu besar. Meski demikian, sekarang telah dibuat pemecah ombak, sehingga ombak di Pantai Glayem, Indramayu ini menjadi lebih aman.

Terlebih untuk dipakai bermain ombak bersama anak-anak. Anda dapat mengajak kenalan anda, keluarga, bahkan kolega anda untuk mengunjungi tempat wisata pantai di Indramayu ini.

Untuk pergi ke sana, anda dapat menggunakan kendaraan umum, meski agak sedikit merepotkan. Tiket masuk ke tempat wisata Pantai Blayem, Indramayu ini sebesar Rp 3.000,00. Masih terbilang murah bukan?

  1. Hutan Mangrove Karangsong

Hutan Mangrove Karangsong merupakan salah satu tempat wisata favorit baru di Kabupaten Indramayu.

Tempat wisata yang terletak tidak jauh dari Pantai Karangsong ini berlokasi di Desa Karangsong, Indramayu.

Di objek wisata indramayu jawa barat ini anda bisaberkeliling hutan mangrove. Yaitu dengan menggunakan ojek perahu yang bisa kita sewa.

Ini  titik koordinat hutan mangrove di Indramayu ini berada di -6.3025444,108.3688783.

  1. Situs Buyut Banjar

Situs Buyut Banjar terletak di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

Tempat ini konon adalah makam pendahulu desa ini, yaitu Pangeran Surya Negara. Konon, pangeran ini adalah utusan dari Sunan Gunung Jati untuk memperbaiki keadaan masyarakat sekitar.

Di percaya, di makam ini terdapat monyet yang berjumlah 41 ekor yang jumlahnya selalu tetap.

  1. Pantai Lemah Abang

Pantai Lemah Abang terletak di Desa Lemah Abang, Kecamatan Eretan, Kabupaten Indramayu.

Batu-batu besar yang ada di pinggir pantai Lemah Abang, Indramayu ini, seperti yang ada di pantai Glagah, Yogyakarta. Selain bisa menikmati pemandangan alam pantai, di tempat ini kita juga bisa berwisata kuliner menikmati sajian khas laut.

  1. Taman Cimanuk

Taman Cimanuk, Indramayu. Tempat wisata keluarga di Indramayu ini berada di pinggiran sungai Cimanuk. Tepatnya di Jalan Veteran, belakang Masjid Agung Indrmayu.

Taman Cimanuk termasuk tempat nongkrong di Indramayu. Karena terbuka untuk umum, tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk bermain di taman Cimanuk, Indramayu ini.

Posisi GPS tempat menarik di Indramayu ini berada pada -6.3270924,108.3189627.

  1. Waterboom Bojongsari

Waterboom Bojongsari, Indramayu. Lokasi Waterboom Bojongsari Indramayu (WBI) berada di Jl. Bojong Sari, Indramayu.

Tempat wisata wahana air di Indramayu ini menawarkan fasilitas kolam renang, bungee trampoline, waterboom, kolam arus hingga karaoke.

Koordinat WBI berada pada titik -6.3447877,108.3162793 GPS. Harga tiket masuk ke tempat liburan di Indramayu ini sebesar Rp 10.000,00-15.000,00 dan buka setiap hari dari jam 09.00-17.00.

  1. Waduk Cipancuh

Waduk Cipancuh, Indramayu. Tempat wisata Waduk Cipancuh mempunyai luas area sekitar 70 hektar.

Lokasi Waduk Cipancuh in ipada GPS terletak pada titik -6.4898385,107.9453264. Sedangkan secara tata administrative negara, Waduk di Indramayu berada di desa Situraja, Gantar, Indramayu.

Sebenarnya dibuat untuk keperluan irigasi persawahan. Namun, karena pemandangannya yang elok, Waduk Cipancuh, Indramayu ini kini menjadi salah satu obyek wisata murah di Indramayu.

Tidak dikenakan tiket masuk ke Waduk Cipancuh ini, karena merupakan tempat wisata umum.

Ke-10 tempat wisata kota Indramayu di atas hanya sebagian kecil banyak tempat wisata di Indramayu yang belum dikenal banyak wisatawan.

Nah, jika Anda terarik untuk mengunjungi objek-objek wisata tersebut, sekaranglah saat yang tepat.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya