Engkus Sutisna Resmi Dilantik Menjadi Pj Bupati Ciamis, Seperti Pulang Kampung

KLIKNUSAE.com - Engkus Sutisna resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Ciamis oleh Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu 20 April 2024.

Engkus, sebelumnya menjabat Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemdaprov Jabar. Pernah juga menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jabar pada tahun 2019.

Sebagai pria kelahiran Ciamis pada 8 Oktober 1964, Engkun sempat mengemban Plt Kadisdukcapil Provinsi Jabar, Sekpri Bupati Bogor (2000), BNP Jabar (2011).

Ciamis tentu saja bukan hal yang asing bagi Ketua Komisi Organisasi dan Hukum Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat ini.

BACA JUGA: 5 Ekor Buaya Liar Asal Ciamis dan Cirebon, Masuk TSI Bogor

Ia pernah mengecam pendidikan SMP dan SMA di Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis. Karena itu,  ia sudah beberapa kali namanya diusulkan oleh Pemerintah Provinsi untuk menjadi Pj Kepala Daerah. Bahkan digadang-gadang menjadi Pj Wali Kota Banjar.

"Seperti pulang kampung," kata Engkus Sutisna kepada Kliknusae.com, Minggu 21 April 2024.

Dalam sambutan pelantikan, Pj Gubernur Bey Machmudin mengingatkan pentingnya integritas dan transparansi dalam menjalankan tugas sebagai kepala daerah. Kepemimpinan harus didasarkan prinsip moral yang tinggi.

"Kita harus berkomitmen untuk melayani masyarakat dengan penuh dedikasi dan tanpa pamrih serta menjaga kepercayaan masyarakat," kata Bey.

Efisiensi dan efektivitas

BACA JUGA: Kemenhub Evaluasi Jalur Wisata yang Berujung Maut di Ciamis

Selain itu, dalam menjalankan roda pemerintahan, ia mengingatkan efisiensi dan efektivitas menjadi pedoman utama dalam memimpin.

"Tidak ada ruang untuk pemborosan dan administrasi yang lamban dalam mewujudkan visi pembangunan daerah. Setiap keputusan yang diambil pada akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Dalam sambutannya, Bey meminta kepada penjabat yang baru dilantik agar mendengarkan keluhan dan masukan dari masyarakat selama 24 jam sehari.

BACA JUGA: Tradisi Nyepuh Menjelang Bulan Ramadhan Digelar Warga Ciamis

Membuka Pintu Komunikasi

"Saya meminta kepada penjabat yang baru dilantik agar sering ke lapangan," tegasnya.

"Ini penting, untuk mendengarkan keluhan dan masukan dari masyarakat. Serta membuka pintu komunikasi selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu untuk berkomunikasi dengan masyarakat," sambing Bey.

Ia mengingatkan untuk mengutamakan kepentingan masyarakat dalam setiap keputusan yang dibuat.

BACA JUGA: KA Lodaya Berhenti Di Ciamis Kesempatan Genjot Kunjungan Wisatawan

"Kita adalah pelayan masyarakat. Tugas kita memastikan suara dan kebutuhan masyarakat selalu didengar dan diprioritaskan," tambahnya.

Ia berharap amanah yang telah diberikan kepada penjabat yang dilantik akan membawa kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik untuk masyarakat.

"Harapan besar masyarakat tentunya tertumpu kepada Saudara sebagai pemimpin daerah," tutup Bey. ***

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya