Pemerintah Gagas Revolusi Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia

KLIKNUSAE.com - Pemerintah menekankan pembangunan dengan tema revolusi pariwisata yang berkelanjutan di masa yang akan datang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan persnya, Jumat 23 Februari 2024 mengemukakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dengan fokus utama pada keberlanjutan lingkungan.

Menparekraf, seperti yang disebutkannya, memastikan bahwa upayanya sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) demi mencapai keberlanjutan.

"Pengembangan parekraf berkelanjutan ini tidak hanya mencakup aspek ekonomi. Tetapi juga memperhatikan penguatan kemitraan, pelestarian tradisi lokal, serta kesadaran sosial dan lingkungan," ungkapnya.

BACA JUGA: Tinggal Tunggu Perpres, Dana Khusus Pariwisata untuk MICE Cair

Dengan mengikuti SDGs sebagai landasan, Sandiaga berharap dapat mendorong inovasi di industri pariwisata.

Ini diharapkan akan membawa perkembangan teknologi, praktik, dan model bisnis yang berkelanjutan.

Pengembangan parekraf berkelanjutan, menurut Sandiaga, tidak hanya akan membentuk ekosistem industri parekraf yang kompetitif,

Namun,  juga akan menarik perhatian wisatawan yang sadar akan keberlanjutan lingkungan.

BACA JUGA: Kemenhub Siapkan Konsep Smart City, Smart Mobility di Ibu Kota Baru

Kontribusi Signifikan

Langkah ini diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan dalam upaya global untuk menciptakan masa depan yang ramah alam.

Dalam upaya membangun pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, Indonesia telah meluncurkan Sustainable Tourism Development (STDev).

Sementara itu inisiatif ini mencakup Sustainable Tourism Destination (STD), Sustainable Tourism Observatory (STO), Sustainable Tourism Certification (STC).

BACA JUGA: TIFAF 2022 Layak Masuk KEN, Ini yang Diinginkan Sandiaga Uno

Kemudian juga, Sustainable Tourism Industry (STI), Sustainable and Responsible Marketing (SRM), dan Sustainable Tourism Management (STM).

Salah satu langkah konkrit yang diambil Indonesia dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan adalah dengan melakukan dekarbonisasi.

Ini melibatkan penggunaan transportasi ramah lingkungan di destinasi wisata, efisiensi pemanfaatan energi terbarukan, serta pemanfaatan teknologi dan carbon offsetting.

BACA JUGA: Sandiaga Dorong Susi Air Jambore Aviation Bisa Masuk KEN, Bagaimana Pak Bupati ?

Pendekatan berkelanjutan ini menjadi landasan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak terkait.

Dengan harapan dapat mengembangkan industri parekraf Indonesia yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga berkelanjutan dari segi lingkungan, sosial, dan budaya.

Sandiaga Uno memastikan bahwa revolusi pariwisata berkelanjutan akan menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia, mengarahkan negara ini ke arah yang lebih hijau dan berwawasan masa depan. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya