Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Puncak Bogor Berlaku Sampai Tahun Baru 2024

KLIKNUSAE.com - Rekayasa lalu lintas di sepanjang jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat akan tetap diberlakukan sampai libur Tahun Baru 2024.

Demikian disampaikan Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro, hari ini, terkait strategi pencegahan kemacetan lalu lintas selama libur panjang peringatan Tahun Baru 2024 di Jalur Wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Berbicara dari Pospol Gagog, Ciawi, Bogor, Rio menegaskan bahwa kebijakan rekayasa lalu lintas akan terus berlanjut hingga malam pergantian tahun.

Meskipun libur panjang perayaan Natal berakhir pada 26 Desember 2023, Polres Bogor tetap melanjutkan upaya rekayasa lalu lintas sebagai langkah preventif menghadapi potensi kemacetan.

BACA JUGA: Wisata di Kawasan Puncak Bogor, 10 Destinasi Ini Asyik Lho

"Mulai tanggal 27 hingga 29 Desember 2023, sistem ganjil genap akan tetap diterapkan untuk mengatur jumlah kendaraan yang bisa melintasi Puncak," ungkap Rio.

Rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh Polres Bogor melibatkan penggunaan sistem ganjil genap kendaraan dan penerapan sistem satu arah (one way) secara situasional.

Kepolisian menegaskan bahwa pengamanan Jalur Puncak akan tetap diberlakukan hingga malam pergantian tahun baru 2024.

Sementara itu, pada malam pergantian tahun, mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB, kepolisian akan menerapkan kebijakan "car free night". Atau malam tanpa kendaraan di Jalur Puncak.

BACA JUGA: Jembatan Ikonik Kota Bogor Diresmikan Presiden Jokowi, Dibuka Kembali untuk Umum

Diminta Datang Lebih Awal

Masyarakat pun diimbau untuk memasuki kawasan Puncak lebih awal. Hal ini bertujuan mengurangi kepadatan kendaraan selama perayaan malam tahun baru.

Kapolres Bogor juga mengemukakan kalau pihakanya akan menurunkan 875 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru, terutama di Kawasan Puncak.

Kolaborasi antara kepolisian, TNI, Pemerintah Kabupaten Bogor, dan organisasi masyarakat menjadi kunci dalam upaya mengantisipasi potensi kemacetan di titik-titik rawan.

BACA JUGA: Desa Wisata Makin Banyak, Ini Target Disbudpar Kabupaten Bogor

Pendekatan ini tidak hanya mengandalkan personel Satuan Lalu Lintas. Tetapi juga melibatkan lintas instansi untuk memastikan keberhasilan pengamanan.

Pos pengamanan juga didirikan untuk mendukung petugas yang berjaga selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kapolres Rio menutup dengan mengajak dukungan penuh dari masyarakat untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah, TNI, dan Polri.

Bersama-sama, diharapkan kita dapat menjaga ketertiban dan keselamatan selama perayaan Natal dan Tahun Baru dengan baik. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya