BIJB Sebut Kerjasama dengan DPD PUTRI Bisa Tingkatkan Okupansi

KLIKNUSAE.com – Direktur Utama BIJB Kertajati Majalengka Muhamad Singgih mengemukakan bahwa kolaborasi yang dibangun dengan DPD PUTRI Jawa Barat bisa tingkatkan okupansi pengunjung.

“Sinergi antara para anggota PUTRI  Jabar yang merupakan pemilik taman rekreasi di Jawa Barat bisa mendorong peningkatan okupansi,” kata Singgih kepada Kliknusae.com, Jumat 22 Desember 2023.

Menurut Singgih, pihaknya saat sedang menjajaki kerjasama dengan Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI).

Output dari sinergitas atau kolaborasi ini diharapkan bisa saling memberikan daya dorong untuk meningkatkan okupansi.

BACA JUGA: DPD PUTRI Jabar Buka ‘Lounge Pariwisata’ di Bandara Kertajati, Begini Bentuk Kerjasamanya

“Baik terhadap tingkat kunjungan ke tempat-tempat wisata di Jawa Barat maupun jumlah penumpang maskapai yang menggunakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB),” tambah Singgih.

Singgih menjelaskan bahwa formula kerjasama yang akan dilakukan salah satunya adalah para pemegang boarding pass bandara Kertajati bisa menukarkan di counter PUTRI.

Dengan boarding pass tersebut, para penumpang bisa menukarkan dengan diskon menarik ketika berkunjung ke taman rekreasi atau fasilitas anggota Putri.

“Rencananya di pertengahan Januari 2024 mendatang sudah ada kesepahaman dalam soal ini,” ujar Singgih.

BACA JUGA: Mudahkan Wisatawan dari Bandara Kertajati, ARNES Shuttle Buka Outlet di Pasar Baru

“Ya ini tentu dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan di Jabar sekaligus mendorong  menggunakan Bandara Kertajati sebagai gate-nya,” sambungnya.

Disamping penawaran diskon masuk taman rekreasi, BIJB juga akan menampilkan atraksi seni dan budaya di bandara sebagai daya tarik kepada wisatawan.

Sebelumnya Singgih juga menyampaikan kesiapan BIJB menghadapi lonjakan penumpang yang kemungkinan terjadi pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"BIJB Kertajati memiliki kapasitas hingga 5,6 juta penumpang pertahun. Sehingga kami siap jika terjadi lonjakan pada libur Nataru nanti," tegasnya.

BACA JUGA: 16 Ribu Tiket Gratis Disediakan untuk Perjalanan Ke Bandara Kertajati

Masa Libur Nataru

Ia memprediksi, kenaikan jumlah penumpang pada masa libur Nataru di Bandara Kertajati, akan mencapai 30 persen dibandingkan dengan hari biasanya.

"Prediksi kenaikan jumlah penumpang pada Nataru ini, sekitar 30 persen," ujar Singgih, Rabu 20 Desember 2023.

Untuk saat ini, kata Singgih, jumlah penumpang yang terbang melalui bandara terbesar kedua di Indonesia ini, menapai 1.680an penunpang, untuk setiap harinya.

Dirinya mengungkapkan, lonjakan penumpang yang hanya diprediksi mencapai 30 persen. Ini, dikarenakan Bandara Kertajati, masih belum menjadi bandara tujuan perayaan Natal maupun Tahun baru.

BACA JUGA: Tercatat 17.000 Penumpang Sudah Menggunakan Bandara BIJB

"Sehingga peningkatan jumlah penumpangnya belum begitu signifikan," ujar Singgih.

Oleh sebab itu pihaknya juga  memastikan infrastuktur di BIJB Kertajati dalam kondisi baik dan memadai. Sehingga sudah siap untuk menghadapi adanya kenaikan jumlah penumpang.

Termasuk menambah jumlah tenant disekitar bandara. Hal tersebut, untuk bisa memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

Dan, saat ini sejumlah tenant sudah mulai beroperasi. Seperti makanan, minuman, toko retail, UMKM, hingga oleh-oleh khas daerah.

Adanya penambahan tenant ini, diharapkan juga bisa memberikan kenyaman bagi para penumpang saat libur Nataru. ****

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya