Selama Libur Natal Okupansi Hotel Pangandaran 100 Persen, Perputaran Uang 20 Miliar

KLIKNUSAE.com – Selama libur Natal okupansi hotel Pangandaran, Jawa Barat mencapai puncaknya, dengan keterisian 100 persen.

“Untuk di Pangandaran (pantai barat dan timur) keterisian kamar hotel 100 persen, selama libur Natal beberapa hari lalu,” kata Agus Mulyana, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran kepada Kliknusae.com, Rabu 27 Desember 2023.

Menurut Agus, kalau diakumulasikan secara keseluruhan hotel di Kabupaten Pangandatan rata-rata mencapai 74 persen.

“Ada beberapa anggota kami yang tersebar dimana-mana. Tidak saja di Pantai Barat dan Pantai Timur. Ada yang di Batukaras dan kawasan lainnya. Jadi, kalau di rata-ratakan sekitar 75 persen untuk keterisian kamar hotel ya,” jelas Agus.

BACA JUGA: Saat yang Tepat Menikmati Sari Ater Beach Campervan Park Karang Nini

Begitu tingginya minat masyarakat atau wisatawan yang berlibur di Pangandaran, sehingga tidak saja hotel yang laris manis.

Rumah-rumah penduduk juga ikut kena dampak positifnya. Banyak pengunjung yang tidak kebagian kamar hotel, mereka akhirnya memilih sewa villa atau homestay.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh dari Pemkab Pangandaran jumlah wisatawan yang liburan Natal 2023 mencapai 147 ribu orang.

Sedanbfkan dalam dua hari libur, perputaran uang mencapai angka fantastis, yakni Rp 20 miliar.

BACA JUGA: Pantai Barat Pangandaran, Eksotisme dan Kenyamanan Wisata

"Kemarin, wisatawan ke Pangandaran lumayan banyak. Kami perkirakan pada saat libur Tahun Baru 2024 nanti, juga bisa lebih ramai lagi,” kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, kemarin.

Perputaran uang yang dihasil sebesar Rp 20 Miliar itu itu tak hanya berputar di objek wisata saja, melainkan merembes ke segala lapisan masyarakat. Diantaranya dinikmati oleh hotel, pedagang, tour guide, dan pelaku wisata lainnya.

Pantai Batukaras

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pangandaran mencatat kunjungan yang mengagumkan ke lima destinasi wisata utama.

Pantai Pangandaran, dengan keindahan alamnya, berhasil menarik perhatian 41.241 pengunjung pada tanggal 23 Desember 2023.

BACA JUGA: Bupati Pangandaran Jeje Undang PHRI Jabar, Untuk Apa?

Sedangkan, destinasi lain seperti Pantai Batukaras, Karapyak, Batuhiu, dan Green Canyon juga turut menyumbangkan pesona mereka.

Menjadikan total kunjungan pada hari tersebut mencapai 52.748 wisatawan.

Pada tanggal 24 Desember 2023, Pantai Pangandaran kembali menjadi primadona dengan 39.789 pengunjung, disusul oleh destinasi lain yang tak kalah memukau.

Total kunjungan pada hari itu mencapai 59.986 wisatawan. Pada hari terakhir libur Natal, Senin (25/12/2023), Pangandaran tetap memikat hati dengan total kunjungan mencapai 34.302 wisatawan.

BACA JUGA: Masyarakat Pangandaran Perlu Dilibatkan dalam Pengembangan Destinasi

Begitu pun, selama tiga hari libur Natal, retribusi objek wisata mencapai Rp 26,7 miliar.

Menurut Kepala Bidang Pajak Daerah Lainnya Bapenda Kabupaten Pangandaran, Asep Rusli pendapatan pada tanggal 24 Desember saja mencapai Rp 415,6 juta.

Dengan total kunjungan sebanyak 147.036 wisatawan dari Januari hingga 24 Desember.

Dari angka-angka ini, Pangandaran terbukti menjadi destinasi unggulan yang mengundang decak kagum.

Pesona Pangandaran tak hanya terletak pada keindahan alamnya, melainkan juga pada gemerlap ekonomi yang diciptakan melalui kunjungan para wisatawan yang loyalis.

BACA JUGA: Guys, Pantai Karang Nini Pangandaran Makin Keren Lho

Sebuah cerita gemilang dalam episode Natal 2023 yang akan dikenang oleh masyarakat Pangandaran dan pengunjung dari berbagai penjuru.

Untuk itu, tidak salah jika Agus Mulyana—yang menggawangi para pemilik hotel di Pangandaran merasa optimis pada pekan-pekan depan, akan panen lagi.

“Apalagi saat ini, Pangandaran sedang berada pada puncak pesona alamnya. Cuaca sangat cerah. Jadi, kami ingatkan, inilah waktu yang tepat untuk berwisata di Pangandaran,” pungkas Agus. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya