Menyongsong Era Baru Pam Obvit, Kapolda Jabar Tekankan Hal Ini

KLIKNUSAE.com - Dalam suasana yang penuh semangat, Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus memimpin pembukaan acara Rakernis Pam Obvit 2023 di Aula Dit Lantas Polda Jabar, Selasa 18 Juli 2023.

Kapolda Akhmad Wiyagus dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya agar kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ini dapat menjadi ajang introspeksi.

Menurut Kepres 63 tahun 2004, peran obvititas memiliki kepentingan yang sangat vital dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Salah satu peran utamanya adalah menjaga ketersediaan energi untuk memenuhi kebutuhan rakyat. Juga, menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi bangsa dan negara,” kata Akhmad.

BACA JUGA: Acara Panceg Dina Galur Pamobvit Polda Jabar, Ini Tujuannya

Lebih lanjut Kapolda memaparkan bahwa kegiatan rakernis ini sekaligus sebagai implementasi amanah dari UUD 1945.

Serta, sebagai tanggung jawab yang harus diemban untuk mempertahankan eksistensi Polri dalam menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Dalam era revolusi industri 4.0 yang sedang kita alami saat ini, pentingnya siklus Learn, Unlearn, dan Re-learn sebagai upaya mempertahankan eksistensi Polri. Khususnya Dit Pam Obvit,” ujarnya.

BACA JUGA: Kapolda Irjen Suntana Sebut Siap Sikat Pengganggu Objek Wisata

Meningkatkan Fungsi Pam Obvit

LEARN, artinya belajar memahami hal yang baru dan relevan sehingga berubah dari tidak tahu menjadi tahu sehingga perubahan terjadi

“UNLEARN, membuang hal-hal yang usang meninggalkan pemahaman dan cara yang sudah tidak relevan lagi.

“RE-LEARN”, memahami kemudian menerapkan ilmu/pemahaman baru yang kita pelajari.

Sementara itu, Direktur Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) Polda Jawa Barat Kombes M Hidayat mengemukakan acara yang berlangsung dengan khidmat ini menjadi momen penting.

BACA JUGA: Ini 5 Objek Wisata Bogor Yang Aman Dikunjungi

Utamanya, untuk menghargai dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil jajaran fungsi Pam Obvit di tingkat Polda dan Polres.

Yakni, atas dedikasi, integritas, dan kerja keras mereka dalam melaksanakan pengamanan objek-objek vital di wilayah hukum Polda Jabar.

Tema rakernis Pam Obvit Tahun 2023 ini berfokus pada Risk Assessment terhadap pengamanan kegiatan olahraga, objek wisata, dan KPUD.

”Tujuannya, adalah menjaga kondusifitas selama tahun politik 2023-2024,” kata Hidayat kepada Kliknusae.com.

BACA JUGA: PHRI Pangandaran Dukung Penuh Subsidi Seat Citilink Ke Nusawiru

Komitmen Kerja

Selanjutnya, dalam penutupan amanatnya, Kapolda Jabar menekankan beberapa hal kepada seluruh anggota Dit Pam Obvit.

Pertama, mereka harus memiliki komitmen kerja yang tinggi dan menjadi duta Polri yang bangga dalam menjaga objek vital nasional.

Kedua, disiplin dan profesionalitas harus menjadi kualitas yang utama dalam melaksanakan tugas.

Ketiga, mereka harus mampu berkoordinasi dan bersinergi dengan mitra objek vital nasional guna memastikan keamanan operasional demi kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Resmi, PHRI Jabar Jalin Kerjasama Dengan Perum Bulog, Support Komoditas Pangan untuk Anggota

Keempat, penggunaan alat khusus dan pelatihan yang terus dilakukan akan menjadikan personil Dit Pam Obvit menjadi profesional dalam tugasnya.

Kelima, dalam menghadapi situasi Kamtibmas yang dinamis, para perwira harus dapat berkoordinasi dengan baik dengan satwil dan pengelola Obvitnas, serta melakukan pengawasan yang melekat terhadap anggota yang bertugas mengamankan objek vital nasional.

Terakhir, perwira dituntut untuk memberikan arahan yang jelas dalam bertindak di lapangan, termasuk dalam hal HTCK dan pengendalian personil.

BACA JUGA: PHRI Jabar Kembali Gelar Pelatihan Penjamah Makanan Siap Saji

Menguasai Teknologi Digital

Sebagai penutup acara, dilakukan foto bersama sekaligus penerimaan bantuan 2 (dua) Unit Golf Car dari PT.

Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan untuk Dit. Pam Obvit Polda Jabar.

Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja personil di lapangan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Di tempat yang sama, pada sesi diskusi Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat Herman Muchtar mengingatkan pentingnya industri pariwisata dalam menguasai teknologi digital.

BACA JUGA: Menko Airlangga Minta Peserta Rakernas III PHRI Perkuat Koordinasi dan Akselerasi

”Adanya perekonomian digital bisa memudahkan kegiatan ekonomi secara umum. Yakni, dengan mengubah pola bisnis. Dari  yang semula serba dilakukan secara manual, berubah menjadi serba otomatis,” paparnya.

Terkait Rakernis Pam Obvit Polda Jabar, Herman Muchtar—yang juga ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat sangat mengapresiasi.

”Hubungan kerjasama Polda Jabar dengan industri pariwisata di Jawa Barat selama ini berjalan cukup baik,” kata Herman. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya