Pelaku Ekonomi Kreatif Kota Bandung Perlu Dilindungi Lewat HKI

KLIKNUSAE.com  - Kota Bandung, Jawa Barat memiliki potensi besar dalam sektor industri. Termasuk pelaku ekonomi kreatif (ekraf) yang perlu mendapatkan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Hal ini menjadi penting  agar produk-produk yang dihasilkan tidak ditiru atau dimanfaatkan oleh pihak lain yang tidak berhak.

Dorongan tersebut disampaikan Wakil Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai saat Kunjungan Kerja Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia ke Kota Bandung, Senin 19 Juni 2023.

Menurut Yorris, Kota Bandung memiliki potensi besar dalam sektor industri. Termasuk kreativitas dan daya saing dalam memanfaatkan peranan desain industri yang merupakan bagian dari hak kekayaan intelektual.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Makanan Mie Ayam Enak di Kota Bandung, Cobain Deh..

"Walau Kota Bandung tidak punya sumber daya alam, tetapi sumber daya manusianya bagus. Sebenarnya, desain industri ini kreativitasnya ada di manusia itu sendiri," tegasnya.

Menurutnya, hal terkait industri ekraf itu telah diatur dan diawasi melalui Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri. 

Penerapan HKI

Namun, kata dia, penerapan HKI menjadi salah satu isu yang disorot dalam undang-undang tersebut.

"Kita merumuskan pandangan dan pendapat terhadap RUU tentang Desain Industri yang berasal dari pemerintah. Banyak hal yang menurut kita belum diakomodir dalam Undang-undang ini. Salah satunya, soal banyaknya karya anak bangsa tetapi tidak tahu siapa pengarangnya," kata dia.

BACA JUGA:PP 24 Tahun 2022, Permudah Pelaku Ekraf Dapat Pembiayaan Bank

Selain itu, menurutnya, desain industri merupakan bentuk karya intelektual yang mempunyai peranan penting.

Khususnya, dalam kehidupan industri ekonomi yang saat ini semakin bersandar pada perkembangan teknologi digital.

Sementara itu Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna menyampaikan Kota Bandung memiliki beberapa kawasan sentra industri ekraf.

BACA JUGA: Pelaku Ekonomi Kreatif Didorong agar Lebih Berdaya Saing, Ini Saran Sandiaga

Diantaranya sentra sepatu di Cibaduyut, Tahu Cibuntu, Sentra Rajut Binong dan Cihampelas.

 Sehingga, menurutnya, Kota Bandung terus tumbuh sebagai kota industri ekonomi kreatif karena kekuatan PAD Kota Bandung berasal dari sektor terkait pariwisata.

"Pengunjung yang datang untuk berkunjung ke selatan atau utara Kota Bandung, mereka menginap dan makan itu di Kota Bandung," kata Ema.  ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya