6.000 Pengunjung Ikut Merasakan Daging ‘210 Domba Guling’ di Garut

KLIKNUSAE.com - Sekitar 6.000 pengunjung warga Garut, Jawa Barat ikut merasakan daging guling di acara pemecahan rekor MURI 210 Domba Guling, Sabtu malam, 6 Mei 2023.

Inilah acara spektakuler yang baru pertama diadakan di Indonesia, bahkan dunia dengan melibatkan lebih dari 200 chef (juru masak).

Acara yang dikunjungi 10.000 orang ini digelar  Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut untuk memulihkan ekonomi di sektor pariwisata.

Pesta domba guling massal berlangsung di sepanjang 1 kilometer (km) Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler.

BACA JUGA: Objek Wisata Kabupaten Garut Mulai Dibanjiri Pengunjung

Tepatnya, perempatan Jalan Cipanas hingga Rancabango, Kecamatan Tarogongkaler.

Sejak petang hari, tampak ribuan warga dan wisatawan antusias datang dan ingin menikmati event yang cukup unik tersebut. Sedangkan 6.000 pengunjung sudah mendaftar untuk ikut antrean.

Ratusan chef mengolah domba guling di atas perapian arang yang dibuat memanjang di tepi sawah. Aroma domba guling merebak di lokasi acara.

Hadir dalam puncak pemecahan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) ini Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Ketua Umum PHRI Haryadi Sukamdani, Ketua BPD  PHRI Jawa Barat Heerman Muchtar.

BACA JUGA: Garut Terpilih Sebagai Tuan Rumah Rakerda IV PHRI Jabar 2024

Kemudian, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman dan beberapa undangan lainnya.

Ketua PHRI Garut Deden Rohim mengatakan 210 ekor domba yang disajikan dalam acara ini merupakan domba pilihan asli Garut dan berkualitas tinggi.

Dibagikan Cuma-cuma

“Ratusan domba guling tersebut akan dibagikan secara cuma-cuma kepada 6.000 pengunjung. Dan para wisatawan dan masyarakat yang datang," kata Ketua PHRI Garut.

Untuk menyiapkan dan mengolah domba guling massal hingga siap disantap, ujar Deden Rohim, melibatkan 200 chef atau koki profesional.

BACA JUGA: Garut Kembangkan Industri Fesyen, Gunakan Teknik Ecoprint, Seperti Apa?

Deden Rohim menyatakan, kegiatan ini sebagai upaya mengangkat pariwisata agar kembali menggeliat pascapandemi sekaligus mendongkrak kunjungan wisatawan ke Garut.

"201 Domba Guling massal ini memecahan rekor MURI. Bahkan dunia. Sebab, jangankan di Indonesia,  domba guling massal ini baru pertama kali di dunia," ujar Deden Rohim.

Menurutnya, dari 6.000 porsi makanan gratis (domba guling) yang disiapkan, ternyata di luar dugaan yang datang sekitar 10 ribu orang.

Kehadiran HDCI

Kegiatan yang  juga berkolaborasi dengan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) itu merupakan bagian dari perayaan Hari Jadi Garut (HJG) ke-210.

BACA JUGA: Pentingnya Pemanfaatan Digital Bagi Pelaku Usaha Wisata Garut

Ketua panitia kegiatan itu, Fiki Radiansyah, menyampaikan kegiatan utama dalam acara ini adalah memecahkan MURI penyajian domba guling terbanyak.

Selain itu, dalam acara itu juga terdapat fun rally wisata, di mana pihaknya mendatangkan Harley Davidson dari seluruh Indonesia.

Mereka  mengawal Campervan dari seluruh Indonesia menuju salah satu destinasi wisata di Kabupaten Garut yaitu Lamping Cirorek.

"Kita mau acara ini biar orang pada tahu Garut, jadi kita di sini dalam rangka promosi pariwisata Garut juga," kata Fiki, yang juga merupakan Sekretaris PHRI Kabupaten Garut.

BACA JUGA: Jalur Nasional Lintas Limbangan Garut Masih Padat, Hati-hati Pemudik

210 Campervan

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Pemasaran dan Promosi PHRI Kabupaten Garut, Ato Hermanto, menyampaikan bahwa selain 210 domba guling, PHRI Garut Wisata Explore juga menampilkan 210 unit Harley Davidson

Ada jug, 210 Campervan, dan 210 Indonesian Chef Association (ICA).

"Alhamdulilah mudah-mudahan dengan datangnya HDCI (dan) 210 mobil Campervan, ini akan viral, akan menjadi mendunia. Mudah-mudahan dari kegiatan ini, ini adalah merupakan kado ulang tahun khusus Kabupaten Garut ke-210 tahun," kata Ato, yang juga Ketua HDCI Kabupaten Garut.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Agus Ismail mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PHRI.

BACA JUGA: Disparbud Jabar Ingatkan, Hati-hati Saat Liburan ke Garut

Menurut dia, kegiatan itu merupakan suatu sejarah baru bagi Kabupaten Garut dalam memecahkan MURI penyajian domba guling terbanyak di momen HJG ke-210.

"Ini adalah sumbangsih PHRI yang begitu luar biasa bagi khususnya masyarakat Kabupaten Garut," ujar dia.

Dia berharap, bahwa terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi suatu titik awal kemajuan Kabupaten Garut.

Khususnya untuk meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung setiap kegiatan yang membuat Kabupaten Garut lebih maju. ***

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya