Disiapkan Dana Rp32 Triliun, Pemda Diminta Perkuat Kolaborasi

KLIKNUSAE.com – Pemerintah melalui kementerian pariwisata telah menyiapkan dana Rp32 Triliun untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah.

Untuk itu, pemerintah daerah (Pemda) diminta untuk memperkuat kolaborasi dengan pihak terkait di daerah. Termasuk, dalam mempromosikan destinasi melalui pelaksanaan event.

Menurut  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sudah ada instruksi Presiden dan pendanaan dari Kementerian Keuangan jumlahnya dana Rp32 triliun.

Dana ini, untuk membangun infrastruktur dasar yang ada hubungan dengan pusat produksi, pariwisata, dan juga infrastruktur yang berhubungan dengan perhubungan.

BACA JUGA: Investor Dijanjikan Kemudahan untuk Investasi Sektor Pariwisata

“Jadi jika Bapak/Ibu ingin agar akses menuju destinasi wisata di daerahnya (pembangunannya) dapat diprioritaskan, silakan bersurat ditujukan ke saya dan ke Menteri PUPR," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu 26 Maret 2023.

Sandiaga juga mendorong pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana amenitas berbasis eco wisata dan menyiapkan atraksi di daerah melalui pelaksanaan event.

"Saya ingin mendorong pemerintah daerah menghadirkan event-event yang menarik dan berkualitas. Jadi event ini menjadi media promosi dari potensi wisata yang ada di daerah masing-masing," katanya.

BACA JUGA: GIPI Jabar Gelar Dialog Interaktif Pariwisata Jawa Barat, Ini Tujuannya

Sementara itu, sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di kawasan Istana Negara, Jakarta, Rabu  25 Maret 2023 menyampaikan upaya pencapaian.

Sesuai target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Pemerintah ingin meningkatkan persentase jalan daerah di seluruh Indonesia. Dengan kondisi mantap menjadi 65 persen dari saat ini hanya 42 persen.

Presiden Jokowi juga telah memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Yakni, untuk menjadi instansi terdepan (leading sector) dalam pembangunan dan perawatan jalan di daerah.

Sedangkan di sektor pariwisata, pemerintah telah menyiapkan total anggaran Rp32 triliun untuk memperbaiki jalan daerah di kabupaten, kota, dan provinsi dalam rangka memperbaiki konektivitas. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya