Kemenparekraf Siapkan Permodalan untuk Hotel Non Bintang

KLIKNUSAE.com – Kemenparekraf siapkan permodalan untuk hotel non bintang. Kebijakan ini dilakukan untuk mendorong pulihnya kembali sektor akomodasi setelah diterpa pandemic Covid-19.

Proses pembiayaan ini nantinya akan melalui jaringan akses pembiayaan lansung dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Kita berikan solusi yang memang sudah lama ditunggu oleh para pelaku Industri hotel. Kita memiliki konsep crowd sourcing. Atau yang beberapa hotel non bintang bisa didanai melalui fasilitas urun dana," jelas Menparekraf Sandiaga Uno

"Dan ini sudah diciptakan platformnya oleh kita. Beberapa kemarin sudah ada yang mulai mengakses," sambungnya.

BACA JUGA: Peserta Rakernas III PHRI 2023 Mulai Berdatangan, 12 Hotel Yogyakarta Jadi Akomodasi

Menurut Sandiaga, pihaknya  akan melakukan monitoring  dengan konsep sandbox.

“Seandainya ini bisa berjalan baik maka akan kita tingkatkan. Selain daripada pembiayaan konvesional seperti perbankan maupun pasar modal," kata dia lagi.

Cara lain yang dipilih Kemenparkeraf untuk menyelamatkan hotel akibat terpaan pandemi cukup lama. Yakni dengan memanfaatkan momentum dua kali hari kejepit nasional (harpitnas).

"Berkaitan upaya Kemenparekraf menyelamatkan industri perhotelan di Indonesia. Kami mendorong regulasi hari libur nasional berbasis harpitnas. Atau cuti bersama untuk kita bisa dapatkan paling tidak dua kali lagi di tahun ini," kata Sandiaga.

BACA JUGA: Qatar Investasi Hotel di Labuan Bajo, Segini Nilainya

Hal ini untuk memberikan rangsangan agar industri perhotelan bisa kembali bangkit, pasca dahsyatnya terpaan oleh COVID-19.

“Kami berkolaborasi dengan PHRI, ASITA, HIPMI, IKMA, untuk terus meningkatkan tingkat hunian kamar di seluruh daerah di Indonesia," dia menambahkan.

Sandiaga lalu membagikan data hasil kolaborasi dengan PHRI. Hasilnya adalah tercapainya peningkatan hunian hingga 50 persen.

"Ini sebuah optimisme, namun kita tidak boleh terlena. Harus didorong terus agar peningkatan kualitas pelayanan, sertifkat CHSE dengan kita kerja samakan dengan BSN bisa lebih meningkat layanan untuk wisatawan," pintanya. ***

Sumber: detikcom

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya