Gempa Cianjur Bermagnitudo 4,3 Sebabkan Warga Luka-luka Tertimpah Bangunan

KLIKNUSAE.com – Gempa Cianjur bermagnitudo 4,3 mengagetkan warga Cipanas, Cianjur yang sedang tertidur pulas.

Tak sedikit yang kemudian berhamburan keluar rumah pada pukul 02.45 WIB Selasa 24 Januari 2023 beberapa detik setelah gempa menggoncang cukup keras.

“Rumah saya seperti mau roboh. Beberapa benda di dapur berjatuhan. Keras sekali goyangannya,” kata Neni, warga Pasir Cina, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Getaran gempa juga dirasakan oleh sebagian besar warga Cipanas yang berdosili tidak jauh darei Istana Cipanas.

BACA JUGA: Waduh, 7 Sesar Aktif Gempa Masih Mengelilingi Cianjur

Informasi terkini, tercatat ada korban luka akibat gempa  di wilayah Desa Sarampad dan Cijedil Kecamatan Cugenang.

Termasuk, di Desa Ciputri Kecamatan Pacet. Bahkan beberapa di antaranya merupakan anak-anak.

Di Desa Ciputri, tepatnya di Kampung Bebesaran RT 02 RW 07 seorang anak luka berat di bagian kepala. Anak tersebut tertimpa genting rumah yang jatuh akibat guncangan gempa.

"Di Ciputri ada satu korban, luka berat di bagian kepala. Sekarang sudah dibawa ke rumah sakit," ujar Kepala Desa Ciputri, Nia Novi.

BACA JUGA: Gempa Bumi Pangandaran tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

Dibagian lain, warga Desa Cijedil Kecamatan Cugenang bernama Siti juga menjadi korban luka. Siti tertimpa reruntuhan tembok rumah yang rubuh akibat guncangan gempa susulan.

"Yang tertimpa reruntuhan atas nama Siti. Kepalanya tertimpa tembok yang runtuh akibat gempa susulan. Sekarang sudah dibawa ke RSUD Sayang," kata Aseng, warga Kampung Cijedil.

Tiga Orang Jadi Korban

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur Fatah Rizal, mengatakan di Desa Cijedil terdapat tiga orang korban, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian gempa susulan tersebut.

BACA JUGA: Gempa Bumi 5,8 di Sukabumi Terasa Hingga Kota Bandung

Selain itu, di Desa Sarampad Kecamatan Cugenang juga terdapat korban luka. Korban yang merupakan orang dewasa itu terkena pecahan kaca saat berusaha menyelamatkan diri.

"Ada tiga korban luka di Cijedil dan satu di Sarampad. Semuanya luka-luka, tidak ada korban jiwa. Kami masih data jumlah warga yang luka akibat gempa tadi, khawatir masih ada lagi," tambahnya.

Sementara itu,  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi pasca gempa bermagnitudo 4,3 tersebut.

BACA JUGA: Kawasan Wisata Lembang Aman Dikunjungi, Tak Ada Gejala Gempa

"Saran BMKG: Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG dalam lamannya, Selasa.

BMKG mencatat, gempa Magnitudo 4.3 itu berada pada kedalaman 10 km. Adapun pusat gempa berada di darat 7 km arah barat laut Kabupaten Cianjur.

BMKG menyampaikan, gempa juga turut dirasakan hingga wilayah III-IV Cianjur, III-IV Cikalongkulon, III-IV Cipanas, III-IV Sukabumi, III Purwakarta, II Jakarta Selatan, II Tangerang Selatan, II Bekasi, II Depok. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya