Kian Memikat! Cianjur, Surga Wisata Timur Tengah dan Asia

KLIKNUSAE.com - Geliat pariwisata di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, semakin menggoda hati para pelancong dari mancanegara.Terutama Timur Tengah dan Asia.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mencatat lonjakan pesona kunjungan wisatawan asing yang tak dapat diabaikan.

Khususnya, di obyek-obyek wisata bernuansa alam, seperti Situs Meghalit Gunung Padang dan Kebun Raya Cibodas.

Rangkaian libur akhir pekan belakangan ini, mengundang sekitar 500 hingga 1.000 wisatawan asing yang penasaran akan keindahan alam Cianjur.

BACA JUGA: Pilihan Staycation di Hotel Cianjur Selatan, Murah dan Berlimpah Wisata

Rupanya, pesona eksotis ini tidak hanya mencuri perhatian dari dalam negeri. Namun juga menarik minat dari berbagai belahan dunia. Seperti, para tamu dari Timur Tengah, Asia, dan Eropa.

Ahmad Danial, Kepala Disbudpar Cianjur, berbicara dengan bangga tentang lonjakan kunjungan ini.

"Bukan hal yang mengherankan bila wisatawan domestik menjadi mayoritas, namun kami juga telah menyambut sekitar 20 hingga 50 orang wisatawan asing setiap minggunya," katanya, hari ini.

BACA JUGA: DPD PUTRI Jabar Salurkan Bantuan Gempa Cianjur, Ada Stimulan Rp60 Juta

Gunung Padang

Beberapa destinasi unggulan mampu menjadi daya tarik wisatawan. Seperti Kebun Raya Cibodas, Jangari, Situs Meghalit Gunung Padang, Kampung Adat Miduana, serta beberapa air terjun eksotis.

Spot wisata tersebut tersebar di beberpa wilayah utara dan selatan Cianjur.

Untuk menjaga pamornya, Disbudpar tak tinggal diam. Upaya gencar dalam promosi pariwisata melalui media sosial dan pameran bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur telah dilakukan.

BACA JUGA: Situs Gunung Padang Cianjur Tembus 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2022

Bahkan, penggiat media sosial dengan jaringan internasional turut terlibat untuk memperkenalkan keindahan Cianjur kepada dunia.

Tak hanya itu, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Cianjur ke-346, Disbudpar juga akan menampilkan sejumlah pertunjukan seni dan budaya.

Diantaranya,  atraksi "kuda kosong" yang selama ini menjadi favorit tersendiri bagi para wisatawan asing maupun domestik.

BACA JUGA: Para Pejuang Pariwisata Garut Dapat Pelatihan Homestay, Ini Tujuannya

Sementara itu, pengelola berbagai tempat wisata di Cianjur juga ikut merasakan dampak positif dari lonjakan kunjungan ini.

Salah satunya adalah General Manager Corcom PT Mitra Natura Raya Kebun Raya Cibodas, Zaenal Mutaqin, yang menyaksikan kenaikan jumlah kunjungan, terutama dari Timur Tengah, Asia, dan Eropa.

"Momentum hari raya, seperti Idul Fitri dan Idul Adha, serta liburan panjang sekolah telah mendongkrak kunjungan wisatawan secara global," ujar Zaenal Mutaqin.

Kini, sekitar 50 wisatawan dari Timur Tengah bersama keluarga mereka memadati Kebun Raya Cibodas setiap minggunya.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Berpesan Bupati Cianjur Bisa Mendongkrak Sektor Pariwisata

Tak ketinggalan, sekitar 20 wisatawan asal Asia dan Eropa juga turut menyemarakkan suasana.

Dengan pesona alam yang semakin memikat, dan upaya promosi yang terus ditingkatkan, Cianjur semakin kokoh sebagai destinasi unggulan pariwisata di Jawa Barat.

Pesan para wisatawan asing pun jelas, Cianjur adalah surga di bumi yang tak boleh terlewatkan! ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya