Catat,Tanggal Pengumuman Pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

KLIKNUSAE.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menggelar malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI 2022) pada Minggu, 30 Oktober 2022.

"Jadi, Malam Puncak ADWI 2022 ini merupakan penganugerahan kepada desa wisata-desa wisata terpilih," kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, 18 Oktober 2022.

Pemberian penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia itu, lanjut Sandiaga, sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mereka dalam mengembangkan Desa Wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia.

BACA JUGA: Situs Gunung Padang Cianjur Tembus 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2022

Kegiatan visitasi dan penilaian 50 besar desa wisata ADWI 2022 telah selesai dilaksanakan pada 15 Oktober 2022, Desa Wisata Saba Budaya Baduy, Kabupaten Lebak, Banten menjadi desa penutup rangkaian kegiatan ini.

Kemudian proses penjurian akhir oleh para Dewan Juri Profesional ADWI 2022 pada pekan ketiga Oktober 2022.

Adapun 7 kategori penilaian yakni daya tarik, homestay, toilet, souvenir, CHSE, digital dan konten kreatif. Serta kelembagaan.

BACA JUGA: Menteri Sandiaga Sebut Kunjungan ke Desa Wisata Naik 30 Persen

Kemudian terdapat pemenang dengan 3 klasifikasi desa wisata yaitu rintisan, berkembang dan maju.

Sandiaga turut mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam penilaian desa wisata terfavorit. Caranya, dengan memberikan “like” pada video profil Desa Wisata ADWI 2022, pada kanal YouTube Kemenparekraf.

Pemberikan penilaian dengan like sudah bisa yang  dilakukan mulai 24 – 28 Oktober 2022.

Malam puncak ADWI 2022 akan dimulai dari pagi sampai malam dengan rangkaian acara diantaranya lari bersama hingga ameran produk ekonomi kreatif dari 50 Desa Wisata ADWI di halaman depan Gedung Sapta Pesona.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya