Ada Kemajuan Sektor Parekraf di Aceh Besar, Sandiaga Pratikan Kopi Kunyit

KLIKNUSAE.com - Ada kemajuan dan perkembangan pada sektor parekraf di Aceh Besar, Provinsi Aceh. Terutama dalam mengebangkan beberapa produk olahan yang dilakukan masyarakat lokal.

"Saya mengagumi perkembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Aceh Besar ini," kata menteri Pariwisata dan Ekonimi Sandiaga Uno, di Aceh Besar, Rabu 3 Agustus 2022.

Menurutnya, pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Aceh Besar sudah mulai menunjukkan perkembangan yang baik.

Sandiaga Uno hadir ke Aceh Besar untuk memberikan materi pada workshop program kabupaten/kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia. Workshop ini diikuti pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Aceh Besar.

BACA JUGA: Aceh Art Festival 2022 Bangkitkan Kembali Gairah Seniman

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Salahuddin Uno juga sempat mempraktikkan langsung cara pengolahan dan penyajian kopi kunyit khas Lamteuba Aceh Besar serta roti selai khas Samahani Kecamatan Kuta Malaka.

Sandi mengatakan, perkembangan yang sudah ada saat ibu harus terus didorong guna meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat pelaku ekonomi kreatif tersebut.

Pelaku Usaha Lokal Harus Berani Tampil

Dirinya juga meminta kepada setiap pelaku usaha lokal agar berani tampil dan mengembangkan potensi produk-produk lokal pada program KaTa Kreatif Indonesia.

BACA JUGA: Kunjungan Kerja ke Aceh, Sandiaga Bahas Pengembangan Wisata Singkil

Meski masih dilanda pandemi COVID-19, kata Sandi, pelaku ekonomi kreatif kembali terlihat bangkit mengembangkan usaha mereka masing-masing.

"Maka semua harus pihak berperan aktif meningkatkan lapangan kerja dan usaha ekonomi masyarakat lebih produktif bagi masyarakat," kata Sandiaga.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan, kehadiran Menparekraf tersebut menjadi penambah motivasi untuk pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di kabupaten setempat.

BACA JUGA: Aceh Dorong Masjid Giok Nagan Raya Jadi Destinasi Wisata Ziarah

"Terima kasih atas kehadirannya Pak Menteri dan rombongan. Masyarakat harus selalu bersyukur atas segala rahmat Allah SWT," katanya.

Dirinya juga menuturkan, Aceh Besar saat ini memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat banyak serta beragam. Maka semua itu harus benar-benar dapat dimanfaatkan.

"Berbagai potensi tersebut akan dapat lebih dimaksimalkan untuk peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat," demikian Muhammad Iswanto terkait sektor parekraf di Aceh Besar.

BACA JUGA: Wisatawan Meningkat, Pemkab Aceh Singkil Anjurkan Masyarakat Membuat Homestay

Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Event Daerah Kemenparekraf Reza Fahlevi, anggota DPR RI asal Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal,Pj. Walikota Banda Aceh Bakri Siddiq, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal SSTP.

Dan, sejumlah Kepala OPD jajaran Pemkab Aceh Besar, pengurus Kadin Aceh Besar, pelaku UMKM dan ekonomi kreatif ikut menghadiri acara pembukaan workshop tersebut.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya