Festival Gili Gede Digelar Sebagai Pemanasan MotoGp Mandalika 2022

KLIKNUSAE.com -  Festival Gili Gede gelar di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Event ini dilaksanakan sebagai pemanasan menuju pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret mendatang.

Sementara Festival Gili Gede  ini berlangsung selama dua hari, yaitu 12-13 Maret 2022.

Selain sebagai euforia menyambut MotoGP, ajang ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Gili Gede kepada dunia, bahwa kawasan tersebut telah siap menyambut wisatawan.

BACA JUGA: Jokowi Bakal ‘Camping’ Di Titik Nol IKN, Seperti Apa Persiapannya

"Tujuan Festival Gili Gede untuk memperkenalkan bahwa di Sekotong ada 12 kawasan Gili. Salah satunya Gili Gede yang sudah siap dengan hunian hotel, kami sudah siap menerima wisatawan lokal dan mancanegara," ujar Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, M Fajar Taufiq, seperti dikutip Kliknusae.com dari Kompas, Senin 14 Maret 2022..

Dalam kegiatan Festival Gili Gede disemarakkan dengan aneka perlombaan, atraksi seni musik, dan seni tari yang melibatkan warga desa setempat.

Penampilan Cilokak Sasak

Kegiatan diawali dengan lomba balap perahu layar dan lomba balap perahu Ketinting.

Lalu, dilanjutkan dengan penampilan Cilokak Sasak dari seniman penyandang disabilitas di Sekotong Barat.

BACA JUGA: Sekjen PHRI Protes Soal Tudingan Hotel Di Lombok ‘Mainin’ Harga Kamar

Kemudian, ada pertunjukan tari kesenian khas Lombok yaitu Tari Rudat, Tari Perempuan Ibu Bumi, dan penampilan dari seniman luar daerah.

Menurut Taufiq, agenda Festival Gili Gede sebelumnya sudah cukup rutin diadakan.

"Tahun ini kami lakukan kembali, agar tamu-tamu yang mau nonton MotoGP, tidak hanya melihat bahwa di Lombok Barat hanya ada Senggigi. Banyak alternatif penginapan lainnya di Kecamatan Sekotong, ada juga atraksi seni," jelas dia.

Tidak kalah cantik dari Gili Trawangan, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putih yang terhampar di pesisir pantai.

BACA JUGA: Akan Ada Taksi Helikopter dan Jet Pribadi di Mandalika Lombok

Dengan pesona utama wisata bahari, wisatawan dapat bermain kano dan melakukan snorkeling. Bagi yang hobi memancing, Gili Gede juga merupakan pilihan tepat karena memiliki banyak spot memancing.

Tak hanya itu, ada pelabuhan dan parkir khusus untuk kapal yacht yang lengkap dengan fasilitasnya.

Untuk akomodasi, wisatawan dapat menginap di camping ground yang tersedia di Gili gede. Khusus MotoGP Mandalika 2022, telah disiapkan 1.000 camping ground untuk tempat menginap wisatawan.

Untuk menuju Gili Gede, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 90 menit dari Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid, atau 40 menit dari Pelabuhan Lombok. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya