Tiket Wisata ke Luar Angkasa Dilelang Rp398 Miliar

WASHINGTON, Kliknusae.com - Tiket kursi wisata ke luar angkasa yang rencananya akan berangkat bulan depan, diboyong oleh penawar yang membayar 28 juta dolar AS atau setara dengan Rp398 miliar. Wisata luar angkasa ini digagas oleh Jeff Bezos, pemilik perusahaan antariksa Blue Origin.

Pendiri Amazon ini rencananya pada 20 Juli nanti akan ikut duduk di kursi wisata bersama saudaranya, Mark dan para peserta lainnya, termasuk pemenang lelang tersebut.

"Nama pemenang lelang akan dirilis dalam beberapa minggu setelah penutupan lelang," tweet Blue Origin setelah penjualan dilansir Kliknusae dari VOA pada Senin, 14 Juni 2021.

"Kemudian, anggota kru keempat dan terakhir akan diumumkan -- nantikan terus," lanjutnya.

Penawar yang berhasil membawa tiket tersebut berhasil mengalahkan 20 peserta lain pada peluncuran 19 Mei lalu.

Dari hasil lelang tersebut, sebangak 6 persen keuntungan akan diberikan ke yayasan Blue Origin, Club for the Future, yang mana merupakan program CSR perusahaan tersebut yang bergerak dalam bidak pendidikan sains, teknologi, teknik, dan matematika.

Nantinya, pesawat New Sheperd akan lepas landas dari Texas. Perjalanannya berlangsung sekitar 10 menit, penumpang akan berada di atas garis Karman yang menandai batas yang diakui antara atmosfer dan ruang angkasa Bumi selama kurang lebih 4 menit.

Setelah lepas landas, kapsul akan terpisah dari pendorongnya. Pesawat akan naik ke ketinggian 100 kilometer, penumpang akan mengalami nihil gravitasi. Lalu, Booster mendarat secara mandiri di pad 3,2 kilometer dari lokasi peluncuran. Lalu kapsul mengapung kembali ke permukaan dengan tiga parasut besar yang memperlambatnya hingga sekitar 1,6 kpj saat mendarat.

Direktur penjualan astronot dan orbital Blue Origin, Ariane Cornell mengatakan bahwa pihak perusahaan telah siap untuk menerbangkan beberapa astronotnya.

"Kami siap menerbangkan beberapa astronot," kata Cornell.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya