Merapi Semburkan Awan Panas, Hujan Abu Melanda Sejumlah Dusun

SLEMAN, KLIKNUSAE.com – Pada Jumat, 25 Juni 2021 dini hari, Gunung Merapi kembali mengeluarkan semburan awan panas. Akibat semburan tersebut daerah tenggara lereng seperti Dusun Kalitengah Lor mengalami hujan abu tipis.

Kabar semburan tersebut diumumkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi lewat twitter @BPPTKG.

"Terjadi 3 kali awanpanas guguran di #Merapi tanggal 25 Juni 2021 pukul 04.43 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 61, 132, dan 245 detik. Jarak luncur maks 3 km ke arah tenggara.

Teramati kolom asap setinggi ±1000 m di atas puncak," tulis @BPPTKG dilansir Kliknusae.com, Jumat, 25 Juni 2021.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan bahwa semburan tersebut menyebaban hujan abu tipis di pemukiman warga.

"Pagi ini abu vulkanik tipis terpantau turun di permukiman di Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen. Warga tenang dan tetap bersiaga," kata Makwan.

Sebaran abu vulkanik juga melanda Dusun Kaliadem Kepuharjo Cangkringan, Ngrangkah Umbulharjo Cangkringan, Plosokerep Umbulharjo Cangkringan, dan juga Turgo Purwobinangun Pakem.

Sumarno, salah satu warga Kalitengah Lor membenarkan kejadian yang menimpa daerahnya.

"Iya, (hujan abu) tetapi hanya tipis. Masyarakat juga tidak panik," kata Sumarno.

Dirinya juga menjelaskan bahwa aktivitas warga berjalan seperti biasanya. Seperti mencari rumput dan lainnya.

"Terlepas dari hujan abu atau tidak, masyarakat selalu menggunakan masker di saat keluar rumah atau keluar dusun. Pokoknya prokes (protokol kesehatan covid-19) tetap diutamakan," katanya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya