Berada di Zona Merah, Dua Objek Wisata DIY Tutup

YOGYAKARTA, Kliknusae.com - Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, Dinas Pariwisata (Dispar) menutup destinasi wisata yang berad di zona merah dan oranye. Saat ini, pihaknya telah menutup dua objek wisata di zona merah.

Kepala Dispar Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, menyebutkan dua objek wisata yang ditutup, yakni Museum Bahari dan Museum Amri Yahya.

"Sudah dikoordinasikan dengan Kemantren dan infonya sudah tutup lama sejak pandemi," kata Wahyu, dilansir Kliknusae.com dari Solopos, Senin 24 Mei 2021.

Penutupan tersebut dalam rangka mengikuti aturan pemerintah pusat yang mengacu pada aturan mendagri menyoal pengelolaan pariwisata saat pandemi.

Dirinya menyebut kedua destinasi wisata yang ditutup berada di Kemantren Wirobrajan yang berstatus zona merah.

Sementara itu, Manajer Pemasaran Gembira Loka Zoo, Yosi Hermawan mengatakan bahwa objek wisata yang tengah sohor yakni Gembira Loka Zoo atau Kebun Binatang Gembira Loka, tetap dibuka.

"Sejauh ini kami masih akan buka pelayanan. Kami belum dapat tembusan mengenai penutupan obyek wisata dari gugus tugas/pemkot di wilayah Gembira Loka Zoo," kata Yosi

Ia pun melanjutkan bahwa seluruh pelayanan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Salahsatunya yakni melakukan pembatasan kunjungan hingga 50%.

Pembatasan mengacu pada kapasitas parkir, penjualan tiket, lalu antrean pengunjung pada tiap wahana.

"Dan untuk angka yang kami terapkan untuk pembatasan adalah 2.500 pengunjung dalam satu waktu. Prokes sendiri menjadi poin utama yang kami perhatikan, termasuk GL Zoo sampai saat ini belum menerima rombongan," kata Yosi. (*/JAV)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya