Uji Adrenalin dengan Wisata Rafting di Sekitar Bandung. Cek Rekomendasi Tempatnya, yuk!

Kliknusae.com - Rafting dan olahraga air lainnya menjadi wahana wisata favorit banyak orang. Bagaimana tidak, olahraga tersebut menawarkan keseruan dan keindahan alam yang picu adrenalin. Di Bandung terdapat beberapa titik untuk melakukan kegiatan wisata ini.

Kegiatan yang memacu adrenalin ini cukup diminati banyak wisatawan. Tak jarang beberapa tempat yang menyediakan wahana ini antre pengunjung.

Rafting Pangalengan

Untuk kamu yang berwisata ke daerah Pangalengan, Bandung Selatan, wajib mencoba olahraga air arung jeram.

Wahana ini tergolong baru. Namun setiap akhir pekan banyak wisatawan yang mengantre arung jeram ini.

Sebelum mengarungi Sungai Palayangan wisatawan harus mengarungi genagan air Situ Cileunca. Sekitar 10 perahu karet, dinaiki oleh 5 - 7  orang, setiap perahunya berlomba-lomba memacu kecepatan.

Selain itu, kamu juga dapat bebas berenang di genangan air Situ Cileunca. Karena genangan air yang ada di Situ Cileunca tidak mengalir deras seperti di sungai.

Untuk sampai ke sini, kamu hanya perlu menuju ke kawasan Situ Cileunca yang berada di Kampung Kalayangan, Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan. Di sana kamu akan menemukan sejumlah jasa wisata arung jeram.

Untuk menikmati wahana ini kamu harus membeli tiket terlebih dahulu. Biasanya setiap orang aka dikenakan biaya Rp150 ribu untuk paket 5 orang setiap perahu.

Menariknya, sebelum kamu arung jeram di sungai yang deras, kamu harus mengarungi genangan situ cileunca yang tenang. Panjang jalur genangan tersebut 2 km.

Usai mengarungi genangan air Situ Cileunca, kamu akan mengarungi aliran Sungai Palayangan sejauh 3 km yang lokasinya dibatasi oleh jalan raya.

Sebelum lanjut ke Sungai Palayangan, biasanya wisatawan akan diberi penjelasan soal jenis jeram yang ada di Sungai Palayangan. Hal tersebut diberlakukan oleh pengelola agar para wisatawan dapat menjaga keamanan dan kenyamanan saat mengarungi sungai.

Setelah diberi pemaparan tentang keselamatan, barulah perjalanan dilanjutkan ke aliran air yang deras. Tak jarang teriakan terdengar sebagai tanda adrenalin yang merusuh.

Jalur tempuh arung jera di Situ Cileunca cukup panjang yakni mencapai 5 km. Aliran sungainya dinilai stabil bahkan saat pergantian musim. Karena sumbernya dari bendungan.

Tempat Rafting Bandung di Ciater

Siapa tidak kenal Kawasan Ciater? daerah ini terkenal dengan Ciater Highland Resort dan Sari Ater Hotel & Resort.

Meskipun Ciater adalah merupakan daerah yang menjadi bagian dari Kabupaten Subang, namun menjadi lokasi favorit kegiatan wisata Arung Jeram Lembang Bandung.

Daya tarik wisata rafting Ciater Subang ini menawarkan sensasi wisata arung jeram yang unik dan berbeda dengan tempat rafting di bandung lainnya.

Sumber air untuk rafting berasal dari pemandian air panas Ciater.

Tempat wisata arung jeram di ciater subang ini memiliki ciri khas tersendiri. Jeram di sungainya tidak begitu ekstrim, dan sangat ideal bagi para pemula. 

Arung Jeram di Sungai Cipunagara

Daya tarik wisata rafting di sungai cipunagara subang ini adalah jalurnya yang cukup ekstrim dan menantang.

Selain itu, jalur ini masih cenderung alami.

Di sisi lain, tempat ini pun memiliki pemandangan yang sangat asri, sejuk dan air yang jernih.

Ada dua jalur yang tersedia di sini yaitu rafting berjarak 3 KM, dan 8 KM.

Kamu bisa datang beramai-ramai dengan sahabat atau keluarga. Destinasi ini cukup favorit baik bagi peserta maupun pemandu rafting. Belum lagi, kawasan ini jadi langganan perusahaan untuk kegiatan outbond.

Selain rafting, wahana permainan outbound lainnya yakni flying fox, paint ball, Archery War, hingga Offroad.

Sekali lagi, Bandung berhasil menggoda kita dengan pesona wisatanya. Wisata menantang ini bisa jadi pilihan kamu untuk refresh agar lebih semangat dan segar dalam menjalani rutinitas! Jangan lupa, jaga kelestarian alam ya! Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Lainnya