Pengembangan Destinasi Sekitar Mandalika Menjelang Event MotoGP Sudah Sampai Mana?

Kliknusae.com - Belakangan ini Lombok Tengah, khususnya kawasan wisata Mandalika, ramai dibicarakan masyarakat. Pasalnya kawasan ini dipilih sebagai tempat penyelenggaraan MotoGP pada Oktober 2021.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lombok Tengah Lendek Jayadi mengatakan, selain sirkuit, pengembangan area wisata lainnya juga akan terus dilakukan.

"Ada tiga desa wisata yang sudah sertifikasi CHSE. Desa wisata lain juga akan dikembangkan sebagai destinasi penunjang kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika," kata Jayadi, Kamis (18/3) dilansir Kliknusae.com dari Kompas.

Tiga desa wisata yang masuk dalam daftar wisata budaya yakni Desa Wisata Mertak, Desa Wisata Sade, dan Desa Wisata Bilebante.

Selain tiga desa wisata yang telah memiliki sertifikasi CHSE, Lombok tengah memiliki 61 desa wisata, beberapa di antaranya sudah memiliki perkembangan yang baik dan memenuhi standar.

Selain desa wisata dan budaya, Lombok Tengah memiliki beberapa pilihan wisata lainnya, seperti wisata laut, budaya, alam, gunung, dan wisata buatan.

Sejumlah destinasi wisata pun sedang dibenahi dan dipersiapkan untuk menjadi pilihan wisatawan saat MotoGP berlangsung.

Destinasi tersebut yakni Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Gerupuk. Ada juga Pantai Awang, Pantai Mawi, Pantai Tunak di Taman Wisata Alam Gunung Tunak, dan Pantai Seger.

"Wisatawan sering berkunjung ke semua pantai, mereka suka semuanya. Tapi sentral (yang paling ramai) di Pantai Kuta di KEK Mandalika," kata Jayadi lagi.

Selain kawasan pantai, destinasi lainnya yang siap dikunjungi wisatawan yakni Air Terjun Gunung Janggot, Air Terjun Benang Kelambu, Wisata Religi Desa Jango, dan Tereng Kuning. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya