Pemulihan Gunung Mas Bogor, PTPN VIII Siapkan 40 Ribu Bibit Tumbuhan

CISARUA, Kliknusae.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII menggagas kegiatan penghijauan di sepanjang Sungai Sisampay yang menjadi wilayah terdampak banjir bandang pada 19 Januari 2021 lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk pemulihan kawasan pascabencana yang menimpa Gunung Mas.

"Kegiatan ini merupakan langkah bagus yang sudah dilaksanakan oleh PT Perkebunan Nusantara VIII serta harus selalu mendapatkan support oleh berbagai pihak dan dilakukan secara berkala di areal kebun Gunung Mas untuk menghijaukan kembali areal yang terdampak dan rawan terkena bencana," ungkap Kepala Kecamatan Cisarua, Deni Humaedi dalam rilis yang diterima Kliknusae.com

Hal serupa juga disampaikan oleh Kapolsek Cisarua, Kompol. Supriyanto. Dirinya mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menjadi langkah preventif terjadinya banjir di wilayah Puncak, Bogor.

Sementara itu, menurut Iwan Muliawansyah kegiatan penghijauan ini merupakan salah satu langkah positif yang diambil oleh PTPN VIII untuk menjaga serta menata ekosistem yang ada supaya lebih baik lagi.

Penanaman 40 ribu bibit dilakukan secara bertahap. Tahap pertama jumlah pohon yang ditanam pada kegiatan Pekan Penghijauan sebanyak 12.500 bibit pohon, terdiri dari Pohon Eucalyptus, Rasamala, Huru Leueur, Suren, Salam, Africa, Manee, Manglid dan tanaman Vertifer. Tahap berikutnya penanaman dilanjutkan hingga menutupi bantaran Sungai Cisampay sepanjang 2,2 km ke arah hulu. Bibit-bibit pohon tersebut diperoleh dari hasil kerja sama dengan PT Banyu Agung Perkasa dan PT Eigerindo Multi Produk Indonesia. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Lainnya