Kadin Jabar Siapkan Repocusing Pemberdayaan UMKM

BANDUNG, Kliknusae.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat mengapresiasi keinginan Gubernur Jawa Barat untuk menggerakan pelaku Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pemanfaatkan dana pemulihan ekonomi nasional.

"Tentu ini spirit yang harus kita dukung. Memang sudah seharusnya pemerintah melalui gugus tugas pemulihan ekonomi program kerja dan kebijakan, membantu UMKM di tengah pandemi saat ini," kata Ketua Umum Jawa Barat, Tatan Pria Sudjana kepada ketika dihubungi Kliknusae.com, Selasa (06/10/2020).

Menurut Tatan, pihaknya saat ini sedang melakukan repocusing ke pemberdayaan UMKM sektor riil, khususnya yang berbasis potensi unggulan daerah.

"Jawa Barat itu kan kuat di agro industri, agrikulture, kelautan perikanan untuk menjadi produk unggulan dan ketahanan pangan. Potensi ini yang harus kita kembangkan," katanya.

Sebagaimana disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Senin (08/10/2020), bahwa sampai saat ini UMKM di Provinsi Jawa Barat masih belum memanfaatkan dana pemulihan ekonomi nasional. Rata-rata yang mengakses baru 26 persen saja.

"Jadi, baru seperempat dari target UMKM yang menggunakan dana pemulihan ekonomi. Oleh sebab itu, kami akan terus melakukan sosialisasi dana pemulihan ini agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pelaku UMKM," kata Ridwan Kamil.

Perhatian Emil-panggilan Ridwan Kamil terhadap UMKM cukup tinggi. Bahkan ia menawarkan jasa desain gratis bagi UMKM. Ia bersedia untuk membantu promosi produk para pelaku UMKM melalui media sosial miliknya.

"Saya sedang kurasi produk-produk yang akan saya setujui, yang juga saya desain. Dengan 20 juta follower (pengikut di media sosial) saya bisa membantu mempromosikan," kata Emil dalam satu kesempatan melalui video conference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, belum lama ini.

Emil sendiri memiliki latar belakang sebagai arsitek. Ia menawarkan keahliannya mendesain produk dalam rangka mendukung bangkitnya 37 ribu UMKM Jabar yang terdampak pandemi global Covid-19.

"Ini beyond marketing. Jadi, selain memasarkan juga menjadi desainer. Itu tawaran saya kepada produk-produk UMKM di Jabar, jadi ada edisi Ridwan Kamil untuk sepatu, jaket, desain radio, motor, dan lain-lain. Ini tawaran saya kepada semua yang mau produknya saya setujui, syaratnya kita kolaborasi," tambahnya.

Bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang berminat mendapat dukungan desain dari Kang Emil, Anda bisa menghubungi Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar di Kota Bandung untuk selanjutnya akan dikurasi dan dipilih.

"Mungkin tidak bisa semua (terpilih), tapi yang beruntung akan mendapatkan promosi dan kolaborasi dari saya," ujar Ridwan Kamil.

"Dan ini untuk pelaku UMKM di Jabar dan se-Indonesia, tapi prioritas untuk UMKM di Jawa Barat. Sekarang sudah mulai, tapi supaya terorganisasi bisa kontak ke Dinas KUK (Jabar)," katanya. (adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya