Demo Buruh, Apa Dampaknya Bagi Destinasi Jawa Barat

BANDUNG, Kliknusae.com - Demo buruh yang berlangsung beberapa hari lalu di Kota Bandung, Jawa Barat sejauh ini belum mempengaruhi kunjungan wisatawan.

"Untuk saat ini tidak ada pengaruh ya. Lagi pula di tengah pandemi seperti sekarang, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jawa Barat juga belum ada. Kalau untuk wisatawan domestik, sepertinya sudah kebal ya, sebab demo juga ada di mana-mana," kata Wakil Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia-- Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Budijanto Ardiansjah ketika dihubungi Kliknusae.com, Jumat (09/10/2020).

Menurut Budi, kendati tidak ada pengaruh terhadap beberapa destinasi yang menjadi tujuan para wisatawan ke Jawa Barat, namun aksi demo buruh memunculkan kekhawatrian terhadap kemungkinan naiknya angka Covid-19.

"Harapan kami, ke depan setelah kontroversi Omnibus Law berakhir tidak ada penambahan jumlah positif Covid-19. Kondisi ini yang harus kita jaga bersama-sama," pinta Budi.

Pantau Kliknusae.com, sejak Kamis (08/10/2020), secara umum beberapa destinasi di Bandung Raya masih berjalan seperti biasa.

Begitu pun dengan tingkat hunian hotel, tidak tertekan oleh aksi demo buruh, meski masih belum bangkit karena situasi pandemi yang sekarang.

"Pengaruh secara langsung di hotel kami tidak ada. Lebih kepada akibat pandemi corona saja sehingga okupansi hotel masih di bawah 40 persen karena dampak dari PSBB diperketat," kata General Manager a©L Hotel Royale Bandung, Iyok Supriatna.

Hal senada juga disampaikan Ketua Indonesian Hotel General Manager (IHGMA) Jawa Barat Iwan Rismawardani rata-rata okupansi hotel masih berkisar di 40 persen pada saat terjadi demo.

"Secara otomatis orang memang khawatir untuk bepergian di kawasan Jalan Riau atau seputaran gedung sate. Namun secara keseluruhan di Kota Bandung atau Bandung Raya masih berjalan normal," katanya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Bandung atau Jawa Barat, tidak perlu khawatir. Aksi demo buruh terhadap penolakan disahkannya UU Cipta Kerja (Cipnaker) hanya terjadi di beberapa titik saja.

Sedang untuk beberapa kawasan lainnya masih bisa dikunjungi. Bahkan memasuki akhir pekan kali, Bandung kembali mulai didatangi tamu dari luar, seperti Jakarta dan sekitarnya.

Bahkan mulai hari ini,  Jumat (9/10/2020), sejumlah bioskop di Kota Bandung kembali beroperasi. Beberapa bioskop yang kembali beroperasi adalah bioskop berjaringan CGV dan XXI.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari menyebut pembukaan bioksop telah berjalan sesuai prosedur.

"Bioskop sudah direlaksasi berdasarkan Perwal Kota Bandung Nomor 46 Tahun 2020. Sudah ditinjau, sudah simulasi untuk sarana dan prasarana protokol kesehatannya secara ketat," jelas Kenny

Kenny menyebut setidaknya hingga hari ini ada 9 bioskop di Kota Bandung yang telah kembali mendapat izin operasional.

Kesembilan bioskop tersebut adalah CGV PVJ, CGV Miko Mall, CGV BEC, CGV Paskal, CGV Metro Indah Mall, CGV Kings, XXI Ciwalk, XXI Ubertos, dan Cineapolis Istana Plaza. (adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya