Batam Siapkan 151 Hotel Aman Covid-19 Bagi Wisatawan

BATAM, Kliknusae.com - Menyambut libur cuti bersama pada 28-30 Oktober 2020 mendatang, pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan 151 hotel bagi wisatawan.

Hotel-hotel tersebut sudah mengantongi sertifikat sesuai syarat penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Iya ada 151 hotel yang sudah bersertifikat," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Senin (19/10/2020), sebagaimana dikutip Antara.

Sertifikat itu diberikan pemda karena menilai hotel menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan menyiapkan hand sanitizer.

Menurut Ardiwinata, penilaian itu dilakukan secara menyeluruh di bagian-bagian hotel, termasuk KTV hingga restoran.

Selanjutnya, pemda mendorong agar seluruh hotel disertifikasi Clean, Healty, Safety, Environment Sustainibillity ( CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf).

"Ini akan memberikan kepercayaan diri bagi pihak hotel dan masyarakat untuk kembali beraktivitas di hotel," kata dia.

Sementara itu Direktur Hubungan Antar Lembaga Kemenparekraf Kartika Candra Negara mengatakan pemerintah tengah menyusun protokol kesehatan untuk dipatuhi dan dijalankan di destinasi wisata.

Menurut dia, saat ini calon pelancong mengutamakan CHSE di sebuah destinasi wisata, tidak hanya melihat dari keindahannya saja.

"Saat ini cara pandang wisatawan sudah berubah, mereka (wisatawan) melihat destinasi wisata yang mengutamakan kesehatan," kata dia.

Dalam sosialisasi dan simulasi CHSE pada pelaksanaan MICE di Batam beberapa waktu lalu, hotel tidak hanya menerapkan 3M (mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), tapi juga beberapa antisipasi lainnya.

Pihak hotel menyemprotkan disinfektan kepada koper tamu, kemudian membatasi penggunaan alat makan bergantian dengan mengganti prasmanan, menyiapkan makanan dengan kotak atau kontainer, dan lainnya. (*/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya