Tetap Bekerja di Saat PSBB? Ikuti 6 Tips Aman Berikut Ini!

Kliknusae.com - Demi memutuskan mata rantai penularan pandemi covid-19, pemerintah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jakarta dan disusul sebagian wilayah Jawa Barat.

Kini dengan adanya PSBB tersebut, mayoritas perkantoran pun telah menginstruksikan karyawannya untuk work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Namun masih ada juga beberapa perusahaan masih terus melangsungkan aktivitas seperti biasa. Seperti golongan pekerjaan, antara lain petugas keamanan, kurir ekspedisi, atau orang-orang di balik jasa pengiriman logistik harus standby untuk memastikan pengiriman dapat diterima dengan baik oleh pelanggan.

Nah bagi Anda yang termasuk ke dalam golongan orang yang masih bekerja seperti biasanya, berikut ini ada enam (6) tips aman bekerja saat PSBB yang bisa untuk dicoba.

Jaga Jarak Fisik

Tips pertama yang dapat dilakukan adalah menjaga jarak fisik dengan orang lain (Physical Distancing). Baik itu dengan teman satu tim atau orang-orang yang ditemui di fasilitas umum. Jarak yang dianjurkan yaitu sejauh 2 meter untuk benar-benar menghindari droplet atau cairan air liur dari mulut seseorang. Prosedur jaga jarak telah sering kali didengar, mengingat langkah ini merupakan langkah yang efektif dalam mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Gunakan Anggota Tubuh Selain Telapak Tangan

Biasanya banyak kegiatan yang dilakukan dengan jari tangan dan telapak tangan, nah sekarang cobalah untuk tidak melakukannya lagi atau menguranginya. Seperti menekan tombol lift atau membuka pintu dengan siku tangan. Beberapa kantor biasanya menggunakan plastik perekat pada gagang pintu atau tombol lift yang diganti secara berkala guna menekan penyebaran virus. Ada juga yang menyediakan tusuk gigi untuk menekan tombol lift.

Ponsel Rutin Dibersihkan

Salah satu benda milik pribadi yang sering digenggam yakni ponsel. Hal tersebut akan berpeluang menempelnya kuman atau virus pada ponsel. Untuk itu, harap memperhatikan tempat meletakkan ponsel, sebaiknya letakkan di saku atau dalam tas ketika tidak digunakan. Jangan lupa untuk membersihkan ponsel secara rutin menggunakan tisu yang mengandung alkohol atau tisu basah.

Hindari Bersalaman atau Berpelukan

Hindari bersalaman atau berpelukan meski bertemu dengan saudara atau sahabat di jalan. Pokoknya yang utama jaga jarak fisik, baik saat bertemu dengan teman dekat atau anggota keluarga lainnya di jalan. Menjaga jarak sosial di tengah pandemi COVID-19 merupakan langkah yang paling tepat untuk melindungi orang-orang yang disayangi.

Sering Mencuci Tangan

Kegiatan mencuci tangan menjadi salah satu langkah efektif untuk menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penyebaran virus corona, untuk itu sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah beraktivitas di luar rumah. Mencuci tangan sebaiknya dilakukan selama 20 detik. Pertama, yaitu membasahi tangan dengan sabun, gosok sabun di telapak tangan, kemudian gosokkan ke punggung tangan. Lalu bersihkan secara menyeluruh ke jari-jari tangan, ibu jari, serta ujung kuku. Kemudian bilas dan keringkan.

Beralih ke Uang Elektronik

Walaupun penularan tertinggi Covid-19 berasal dari droplet orang yang terinfeksi, benda-benda di sekitar juga dapat terkontaminasi virus, seperti uang. Maka dari itu, ada baiknya untuk beralih ke uang elektronik guna menghindari pembayaran tanpa adanya kontak fisik.

Virus corona atau Covid-19 mampu menempel pada permukaan benda, seperti meja hingga gagang pintu. Dengan pembersihan secara menyeluruh dengan disinfektan pada benda-benda yang sering disentuh akan mencegah virus menempel pada benda-benda tersebut. Semoga bermanfaat!*** (IG/halodoc)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya