Yuk Cicipi! Aneka Hidangan Pisang Khas Indonesia

Kliknusae.com - Indonesia memang negeri yang kaya akan berbagai potensi di semua aspek kehidupan. Di sektor pariwisata saja, selain memiliki kekayaan alam yang indah, seni dan budaya yang unik dan menarik, Indonesia juga dikenal dengan ragam kulinernya. Bahkan, kuliner berbahan pisang pun beraneka macam dengan kekhasan daerah asalnya masing-masing.

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kalsium yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh kita. Di Indonesia sendiri, pisang banyak dijadikan camilan yang dikemas dengan rasa yang berbeda di masing-masing daerah. Bahkan, terdapat aneka hidangan pisang yang diolah khusus dan memiliki cita rasa yang berbeda, seperti di bawah ini.

Pisang Goroho

Salah satu daerah di Indonesia yang sohor dengan ragam jenis pisangnya, yakni Gorontalo. Seperti jenis pisang gapi manis yang bisa langsung dimakan sebagai buah segar. Selain itu, ada juga pisang yang khusus untuk diolah sehingga menghasilkan rasa yang lezat. Antara lain pisang capatu atau sepatu, pisang pagata, pisang raja, serta pisang goroho.

Dari semua ragam jenis pisang khas Gorontalo, pisang goroho yang paling populer. Pisang ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda dengan pisang lainnya. Pisang lain umumnya harus menunggu masak untuk disantap, namun pisang goroho umumnya dikonsumsi saat masih mengkal, kulitnya hijau, dan teksturnya keras. Jika sudah masak, pisang goroho akan lembek dan asam rasanya. Unik kan?

Masyarakat di sana, biasa mengolah pisang goroho dengan cara digoreng atau dikukus. Pisang ini tak memiliki rasa manis sama sekali. Karena itu, pisang goroho  enak dicocol dengan sambal sagela, atau sambal ikan roa yang pedas menyengat.

Pisang Goreng Cibadak

Nah di Kota Bandung ada juga olahan hidangan pisang. Salah satunya yang wajib dicoba yaitu Pisang Keju Cibadak. Nama camilan ini, sesuai dengan lokasinya yang berada di Jalan Cibadak No.101, Astanaanyar, Bandung. Pisang asal Cibadak tersebut, memiliki tekstur yang sangat lembut dan manis. Sangat nikmat jika dilengkapi dengan taburan keju dan coklat melimpah, juga susu kental manis. Lebih nikmat lagi dinikmati bersama secangkir kopi atau teh.

Pisang Goreng Pontianak

Berikutnya, ada pisang goreng khas Pontianak, Kalimantan Barat. Biasanya menggunakan jenis pisang kepok. Keunikannya, pisang ini digoreng dalam bentuk menyerupai kipas setelah dicelup pada adonan tepung terigu. Selanjutnya, sebelum disajikan pisang tersebut diolesi dengan selai srikaya atau selai lainnya sesuai selera. Biasanya pada penjual pisang Pontianak juga disediakan selai coklat, stroberi, dan masih banyak selai buah lainnya yang sangat bervariasi.

Pisang Epe

Pisang Epe merupakan jajanan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pisang epe ini diolah dengan cara dibakar atau dipanggang, lalu dijepit sampai gepeng, lalu disiram dengan gula merah cair. Dalam perkembangannya, pisang epe juga sudah dimodifikasi, disajikan dengan siraman saus yang lebih modern. Seperti saus cokelat atau saus durian. Ada juga yang menambahkan keju sampai kelapa yang disangrai.***(IG/sumber: Pesona Indonesia)

Share this Post:

Berita Terkait