Ini 5 Tips Anti Bosan Saat Berkunjung ke Museum

Kliknusae.com - Kebanyakan orang pasti memilih berwisata dengan mengunjungi wisata alam atau wisata belanja, dibanding berkunjung ke museum. Alasannya yang paling banyak keluar, yaitu bosan. Namun, benarkah wisata ke museum itu membosankan?

Sebelum menjawab "iya" atau "tidak", coba ikuti dulu 5 tips jalan-jalan ke museum berikut ini. Siapa tahu, setelah mempraktikkannya, Anda jadi ketagihan main ke museum. Berikut ini tips berkunjung ke museum.

Mencari Hal yang Disukai

Sebelum memilih museum yang akan dikunjungi, penting untuk mengetahui hal apa yang sebenarnya kita sukai, misalnya sejarah apa yang kita suka. Informasi tentang museum bisa didapatkan melalui beragam jenis media, misalnya internet, televisi, koran, atau media sosial.

Kalau sudah ada ketertarikan, kita akan terpanggil untuk datang ke museumnya langsung. Cara ini akan memudahkan saat kita menangkap ilmu atau pengetahuan yang disediakan oleh museum. Kita pun akan merasa lebih puas saat meninggalkan museum.

Datang sesuai momen

Daya tarik museum juga akan muncul kalau momennya tepat. Misalnya kita berkunjung ke Museum Pancasila Sakti atau yang lebih dikenal dengan Museum Lubang Buaya pertepatan dengan peristiwa G30 S/PKI. Atau datang ke Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, saat ada peringatan KAA yang biasa digelar di bulan April.

Beberapa museum juga punya acara khusus yang diadakan pada waktu-waktu tertentu. Jadi, Anda bisa mendapatkan informasi lebih dengan adanya acara khusus ini.

Cari tahu koleksi terbaik museum

Kala kita sudah menentukan akan mengunjungi salah satu museum, pastikan kita mencari tahu koleksi terbaik atau istimewa yang ada di sana. Jangan sampai saat sudah pulang, ternyata ada koleksi terpenting di museum tersebut yang tidak kita lihat atau pelajari.

Cocokan hari kunjungan dengan kebutuhan

Memilih hari yang tepat menjadi salah satu cara agar kita bisa menikmati wisata ke museum dengan optimal. Bagi yang punya waktu luang pada hari-hari biasa atau hari kerja, ada baiknya datang ke museum tidak pada saat akhir pekan.

Datang di saat hari kerja, biasanya museum tidak banyak dikunjungi seperti halnya saat akhir pekan. Dengan begitu, kita bisa menikmati semua yang ada di museum tanpa banyak mendapat gangguan dari pengunjung lain dan suasananya akan lebih tenang sehingga mengasyikkan berlama-lama di museum.

Kenakan pakaian yang nyaman

Saat kita jalan-jalan, ternyata pakaian itu juga berpengaruh. Kalau pakaian dan alas kaki yang dikenakan nyaman, kita akan bisa menikmati keindahan museum dengan lebih leluasa. Kebalikannya, jika berpakaian yang tidak nyaman akan membuat perhatian kita terpecah. Namun, pakaian yang nyaman juga harus dalam batas sopan.

Nah, itulah lima tips yang bisa dicoba saat kita akan melakukan perjalanan wisata edukasi ke museum. Semoga bermanfaat!***(IG/sumber: Pesona Indonesia)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya