5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Wisata Glamping

Kliknusae.com - Glamping merupakan perpaduan dari dua kata, glamour dan camping, yang bisa diartikan sebagai kegiatan berkemah dengan tampilan kekinian. Beberapa orang menyebut glamping sebagai aktivitas mendekatkan diri dengan alam, tanpa merasakan susah payah seperti cara berkemah konvensional. Apalagi sekarang sudah banyak sekali pengelola fasilitas glamping yang tersebar di berbagai daerah.

Persiapan untuk berwisata glamping, memang tidak serepot kegiatan berkemah pada umumnya. Namun meskipun begitu, tetap saja kita harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan berwisata glamping. Berikut ada 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk beriwisata glamping.

Perhatikan cuaca

Walaupun fasilitasnya glamour, tetap saja glamping merupakan kegiatan camping atau berkemah. Berarti aktivitas yang dilakukan di alam terbuka. Maka hal pertama yang harus diperhatikan dan dilakukan yakni mengecek cuaca. Jangan sampai hujan turun saat kita sedang seru-serunya beraktivitas. Tenda yang basah pasti mengganggu kesenangan kita. Apalagi, acara api unggun dan lain sebagainya bisa batal digelar.

Perhatikan lokasi

Kini tempat wisata glamping sudah banyak bermunculan di banyak tempat, dengan beragam fasilitas menarik, yang tentu saja diikuti harga bervariasi. Namun ada hal lain yang harus kita perhatikan sebelum melakukan glamping, yaitu lokasinya. Pastikan lokasi yang kita pilih sesuai dengan acara yang sudah kita susun atau sesuaikan dengan buget dan keinginan anggota keluarga kita. Jangan sampai apa yang sudah kita rencanakan tak bisa diwujudkan karena lokasinya tidak memenuhi standar.

Perhatikan pemandangan sekitar

Setelah memutuskan untuk berwisata glamping, tak ada salahnya melakukan riset kecil-kecilan seputar lokasi di mana glamping berada. Pemandangan menakjubkan yang bisa kita nikmati selama glamping akan membuat pengalaman bergaul dengan alam menjadi lebih menyenangkan.

Perhatikan kondisi lahan

Tips ini sangat penting buat kita yang ingin memasang tenda sendiri untuk glamping. Pastikan lahan untuk mendirikan tenda memang bagus. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan keselamatan dan keamananan kita. Sebaiknya cari tempat yang permukaannya rata dan tidak terlalu dekat dengan sungai. Jangan karena mengejar pemandangan yang indah, keselamatan kita jadi taruhannya.

Bawa perlengkapan seperlunya

Setelah semua siap dan aman, pastikan untuk membawa barang yang akan kamu perlukan, tetapi jangan berlebihan. Pastikan membawa obat-obatan, P3K, selimut tambahan, lotion anti-nyamuk, dan perlengkapan dasar lainnya.

Nah, itu tadi beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan sebelum sobat wisata melakukan wisata glamping. Nikmati wisata glamping dengan tetap menjaga kelestarian alam.*** (IG/sumber: pesona.travel)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya