Perhatikan Hal Ini Kala Berkunjung ke Taman Nasional!

Kliknusae.com - Indonesia memiliki banyak Taman Nasional dan kini menjadi incaran destinasi wisata para traveller baik domestik maupun mancanegara. Berwisata ke alam seperti Taman Nasional memang memberikan sensasi dan keseruan tersendiri.

Pesona pemandangan alam yang masih natural dilengkapi dengan satwa yang dilindungi menjadi daya tarik Taman Nasional. Namun sebelum berkunjung ke Taman Nasional, Anda harus perhatikan hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum dan saat berkunjung ke Taman Nasional:

Cari Informasi Perizinan

Ada beberapa Taman Nasional yang membutuhkan surat izin sebelum berkunjung, baik itu untuk perorangan maupun kelompok. Untuk itu, Anda perlu mencari informasinya sebelum merencanakan membeli tiket perjalanan. Anda bisa mengecek tentang izin berkunjung di kantor Kementerian Kehutanan, mengunjungi website resminya, atau menelpon Taman Nasional yang akan dikunjungi.

Patuhi Peraturan

Setiap Taman Nasional memiliki peraturannya tersendiri, misalnya seperti Taman Nasional Tanjung Puting melarang pengunjung untuk memberikan makan pada Orangutan. Begitu pula dengan Taman Nasional Baluran yang juga melarang Anda memberi makanan ke monyet ekor panjang di sekitar penginapan kawasan tersebut.

Sesuaikan Pakaian

Sebelum berangkat, Anda harus mengetahui kawasan Taman Nasional yang akan dikunjungi. Jika lokasinya mayoritas hutan, maka pilih outfit (pakaian) yang melindungi tubuh dari tanaman yang melukai dan hewan berbahaya. Jika Taman Nasional di perairan, pakailah pakaian yang menyerap keringat dan jangan lupa juga menggunakan sunblock.

Selain itu, Anda perhatikan juga apa saja yang harus dihindari dan tidak boleh lakukan saat berkunjung ke Taman Nasional, seperti:

Dilarang memberi makan

Taman Nasional merupakan habitat satwa liar dan dilindungi, jadi jangan sembarangan memberi makan kepada hewan di kawasan ini. Karena bisa mengubah pola makan dan juga menurunkan kemampuan bertahan hidup mereka.

Dilarang membuang sampah

Saat berada di kawasan Taman Nasional, dilarang membuang sampah sembarangan. Simpanlah sampah yang Anda bawa hingga berada di luar lokasi Taman Nasional atau ketika Anda menemukan tempat sampah. Dilarang merokok atau membakar sesuatu di Taman Nasional, karena bisa mengakibatkan kebakaran mengingat Taman Nasional sebagian besar berlokasi di hutan.*** (IG/sumber: pesona.travel)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya