Tahun Depan Bandara Kediri Dibangun, 2021 Sudah Beroperasi

Kliknusae.com - Satu lagi bandara udara (bandara) akan lahir. Pemerintah berencana memulai pembangunan bandara di Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada awal tahun 2020. Pembangunan ini diharapkan akan selesai pada akhir 2021 mendatang.

"Peletakan batu pertama kita berharap nanti Januari tahun depan (2020), kita sudah mundur satu tahun. Jadi kalau nanti kita mulai Januari tahun depan saya pikir 2021 akhir akan selesai seperti Bandara Kulon Progo," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Kediri, Jawa Timur, dalam keterangan resmi, Sabtu (31/8/2019).

Luhut menjamin pemerintah akan memberikan yang terbaik dan tidak akan merugikan masyarakat. Apalagi ini adalah instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tidak ada yang bermaksud merugikan bapak-ibu sekalian, pasti akan memberi nilai tambah karena itu perintah dari Presiden untuk memberikan yang terbaik terhadap rakyat," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa pembangunan bandara di Kediri itu pasti dilakukan.

Pasalnya, rencana pembangunan ini sudah dijadikan proyek strategis nasional.

"Saya pastikan bandara ini jadi dibangun, apalagi telah melalui proses panjang dan sudah dijadikan proyek strategis nasional," kata Budi.

Menhub Budi meyakini, pembangunan bandara ini akan memberikan dampak yang sangat positif, tidak hanya meningkatkan konektivitas tapi juga akan berdampak bagi perkembangan suatu daerah tidak terkecuali bagi masyarakatnya.

"Apabila ini menjadi bandara maka daerah sekitar nanti akan tumbuh menjadi suatu daerah pusat keekonomian baru di situ ada industri, kuliner, ada pariwisata," ujar Menhub.

Selain dampak sosial dan ekonomi, dengan dibangunnya bandara di Kediri ini nantinya akan dapat membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.

"Di Kulonprogo [Yogyakarta] kita membangun hanya dua tahun. Begitupun Bandara Kediri, dalam kesempatan yang Insya Allah kita lakukan awal tahun depan itu tidak lebih dari dua tahun kita selesaikan," tegasnya.

Proyek nasional ini tentunya juga akan berdampak pada lapangan perkerjaan bagi masyarakat disekitarnya.

"Banyak kesempatan bekerja bagi bapak-ibu sekalian di pembangunan dan yang lebih luar biasa lagi pada saat bandara berhasil dibangun kesempatan kerja itu banyak sekali,"lanjut Menhub.

(adh/cnbc)

 

 

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya