Masih Ada Gap Antara Industri Hospitality Dengan Akademik

Kliknusae.com - Sejalan dengan keinginan Program Pascasarjana STP Bandung dalam merespon dunia industri hospitality,dirasa perlu dialog berkelanjutan antara akademisi dengan industri.

Oleh sebab itu, telah dilakukan pertemuan intens yang mulai diawali, Senin 2 September 2019 di Enhaii Hotel STP Bandung, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri beberapa General Manager (GM) yang tergabung di dalam IHGMA DPD Jawa Barat  dan juga perwakilan dari pihak akademisi Program Pascasarjana.

Dari hasil pertemuan yang dipimpin M. Liga Suryadana dan moderator Rohyan Sosiadi tersebut disepahami masih adanya gap antara dunia industri dengan akademik (Program Pascasarjana) yang mencakup aspek subjek bahasan atau kajian mata kuliah seperti Revenue Management dan riset.

Perlu hadirnya model perkuliahan yang dapat menambah wawasan para mahasiswa lulusan Program Pascasarjana ini untuk melakukan observasi dan pemecahan masalah yang terjadi di industri.

Pemecahan masalah  tersebut bisa dengan mengadakan Coaching, Management Trainee, Project Base, Production Base dan proses perkuliahan dengan narasumber (dosen) yang menguasai pendekatan akademis (Program Pascasarjana) dan Industri.

"Atas dasar hal tersebut dirasa perlu diadakan hubungan komunikasi antara pihak Program Pascasarjana dengan industri baik secara formal maupun nonformal," demikian disampaikan Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Jawa Barat,Iwan Rismawardani seperti dalam siaran pers yang diterima Kliknusae.com,Rabu (4/9/2019).

Ditambahkan Iwan, masukan-masukan dari hasil pertemuan ini menunjukan perlu adanya lembaga Research and Development di akademisi sebagai wadah untuk membahas aspek-aspek yang khusus dan fenomena yang terjadi di industry.

"Atas dasar itu pertemuan ini akan akan terus berlanjut di masa yang akan datang," ujar Iwan.

Mereka yang hadir dalam Minute of Meeting  Forum Diskusi Program Pascarjana Link & Match Antara Akademi dengan Industri Perhotelan adalah;

1.Dr. M. Liga Suryadana, M.Si.

2.Dr. Atang Sabur Safari, M.Sc.

3.Drs. Rohyan Sosiadi, M.Pd.

4.R. Bobby Renaldi Arifin, S.E.

5.Achmad Ridwan Deskana, S.E., M.M. CHA.

6.Aditya, S.E.

7.Lety Latifah, S.E.

8.Wisnu Handoko

9.Iwan Rismawardani, S.E.

10.Cita Hepiningtyas, S.E.

11.Ade Mardiah Hayati, S.E.

12.Syukur Rahmat Maskawan

(adh)

 

 

 

 

 

 

 

Share this Post:

Berita Terkait