Inilah 7 Stasiun Kereta di Dunia Paling Menakjubkan

Kliknusae.com - Melakukan perjalanan menggunakan moda kereta api memang terasa begitu menyenangkan. Perjalanan terasa cepat tanpa hambatan kemacetan. Berbicara kereta api tentu berkaitan dengan stasiun keretanya.

Banyak bangunan stasiun dibuat megah dan modern demi kenyamanan para pengguna. Bahkan beberapa stasiun sudah berusia ratusan tahun hingga jauh lebih menakjubkan dari yang lain. Berikut ini ada 7 stasiun kereta api yang paling menakjubkan di dunia.

Gare du Nord, Paris, Perancis

Ada pepatah umum yang menyebutkan semakin indah kota, semakin mengagumkan stasiun keretanya. Dan terbukti dengan Kota Paris yang merupakan salah satu kota paling menakjubkan di dunia, mempunyai stasiun kereta yang sangat menakjubkan. Bangunannya megah, klasik, dan sudah berusia ratusan tahun. Namanya stasiun kereta Gare du Nord yang dibuka pada tahun 1864.

Stasiun Kanazawa, Jepang

Stasiun Kanazawa sudah berusia ratusan tahun. Sebelum direnovasi tahun 1898, stasiun Kanazawa tampak biasa saja. Namun kini menjadi salah satu stasiun yang paling indah dan berbeda di Jepang. Stasiun ini merupakan pintu gerbang ke Kanazawa. Hal yang menarik yakni terdapat kubah kaca yeng disebut 'Motenashi Dome' dan juga gerbang berbahan kayu yang disebut 'Tsuzumi-mon'. 'Motenashi' itu sendiri memiliki arti yaitu 'Selamat Datang'. Sedangkan 'Tsuzumi-mon' yang selesai dibangun tahun 2005, melambangkan drum tangan tradisional Jepang yang disebut Tsuzumi.

St. Pancras International, London, Inggris

Stasiun ini merupakan salah satu yang dibangun dengan gaya Victoria. Nama St. Pancras International berarti "katedral kereta api". Dibuka pada tahun 1868. Stasiun ini pun selamat dari 2 peristiwa perang dunia. Meski sudah direnovasi beberapa kali, pengunjung masih dapat melihat ornamen-ornamen tua dari bangunannya.

Stasiun Atocha, Madrid, SpanyolStasiun kereta api Atocha dibangun antara tahun 1888 dan 1892 di bawah arahan Alberto Palacio del Elissagne dan Gustave Eiffel, desainer Menara Eiffel yang terkenal di Paris. Atapnya terdiri dari besi cor dan konstruksi kaca dalam gaya Art Nouveau. Tahun 1992 interior didesain ulang untuk memfasilitasi AVE, layanan kereta api berkecepatan tinggi Spanyol. Di dalamnya dibangun sebuah taman tropis bersuhu stabil sekitar 24 derajat celcius. Taman inipun membuat nyaman para pengunjung. Ditambah sejumlah spesies tanaman dan hewan langka hidup di sana.

Terminal Grand Central, New York, USA

Terminal Grand Central menjadi salah satu landmark paling berkesan di New York, Amerika Serikat. Terminal ini dibangun pada tahun 1913 dan sudah menarik jutaan turis setiap tahun. Terminal Grand Central pun menjadi stasiun terbesar di dunia.

Antwerp Central, Antwerp, Belgia

Stasiun ini memiliki bangunan asli yang dibangun antara tahun 1895 dan 1905 sebagai pengganti terminal asli dari Kereta Api Brussels-Mechelen-Antwerp. Arsitektur bangunannya berbalut batu dengan kubah besar di atas aula ruang tunggu. Stasiun Antwerp dirancang Louis Delacenserie. Dilengkapi jembatan masuk ke stasiun yang dirancang arsitek lokal Jan Van Asperen. Tahun 2014, Antwerp Central mendapat penghargaan dari sebuah majalah Inggris-Amerika "Mashable", untuk stasiun kereta api paling indah di dunia.

Chhatrapati Shivaji Terminus, Mumbai, IndiaStasiun di India ini merupakan stasiun kereta bersejarah dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Terminus dirancang arsitektur Inggris Frederick William Stevens dengan gaya arsitektur Victorian Italianate Gothic Revival. Pembangunannya dimulai pada 1878 dan selesai 1887, di lokasi selatan stasiun kereta api Bori Bunder yang lama. Stasiun dibangun untuk menandai 50 tahun pemerintahan Ratu Victoria, sehingga awalnya dinamai Victoria Terminus. Namun pada Maret 1996, namanya berubah menjadi Chhatrapati Shivaji Terminus. Sebagai penghormatan kepadaShivaji, pendiri Kekaisaran Maratha abad ke-17, yang namanya sering didahului Chhatrapati, gelar kerajaan.*** (IG/sumber: brainberries.co)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya