Bogor Wonderful Golf Targetkan 300 Peserta Dari Luar Negeri

Kliknusae.com- Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) menargetkan 300 peserta  event internasional 'Bogor Wonderful Golf' yang akan berlangsung 22-23 September 2019. Sebanyak 9 venue akan dilibatkan secara serempak dalam vent tahunan tersebut.

"Persiapan terus kita lakukan agar event ini berjalan sukses. Dan yang perlu kita banggakan beberapa travel agent sudah mengirimkan beberana nama negara yang akan ikut dalam event ini," kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bogor Zainal Safrudin kepada Kliknusae.com,Kamis (8/8/2019).

Negara-negara yang sudah menyampaikan ingin ikut tersebut diantaranya adalah  Singapura,Malaysia, Brunei Darussalam dan Australia.

"Target kami peserta yang ikut dalam event ini mencapai 300 peserta. Naik dibanding tahun lalu yang hanya 222 peserta. Kalau melihat animonya,Insya Allah tercapai," kata Zainal yang juga Ketua DPC ASITA Kabupaten Bogor ini.

Untuk venue golf yang akan digunakan di Bogor Wonderful Golf nanti,jelas Zainal, yakni Sentul Highland Golf Club, Palm Hill Golf Club, Bogor Golf Club, dan Permata Sentul Golf.

"Tadinya Riverside Golf dan Emeralda Golf Club kita masukan,tapi karena  agak kejauhan sehingga kita persiapkan hanya untuk mengantisipasi jika ada peserta tambahan  yang nanti akan stay di sekitar Cibubur dan Depok," kata Zainal.

Dalam event ini panitia memang mengutamakan peserta dari luar provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta.

"Dan supaya tourismnya lebih kena,setelah golf kita akan bawa city tour ke kawasan puncak. Termasuk nanti di sana ada atraksi paralayang,culture performance,gelar budaya dan bazar industri kecil menengah (UKM)," papar Zainal.

Disini ada kolaborasi antara sport tourism dengan pariwisata dan pengembangan UMKM. Aplikasinya, hadiah bagi pesert yang memenangkan event ini dibuat dari kerajinan masyarakat.

"Tropi untuk pemenang nanti bukan berbentuk biasa. Tapi dari industri kecil seperti Wayang Golek. Misalnya juara pertama dapat Tropi Gatot Kaca. Kalau tahun kemarin hadinya tropinya kan berbentuk kerajinan pesawat, tahun ini kita buat berbeda," kata Zainal.

Tahun lalu, tropi berbentuk miniatur pesawat dibuat oleh kerajinan masyarakat Dramaga, kali ini untuk Wayang Golek akan didesign para pengrajin dari Kecamatan Ciampea.

"Harapan kami dalam event ini industri kecil juga ikut berkembang," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bogor Rahmat Surjana menambahkan bahwa event ini memang merupakan salah satu upaya peningkatan kunjungan wisatawan dengan mengoptimalkan potensi yang ada.

Serta dikemas dengan baik dan menarik, sehingga memiliki nilai lebih dan menghasilkan manfaat bagi masyarakat luas. Serta terbukanya peluang pasar UKM.

"Golf dengan seni budaya merupakan aktivitas yang bukan hanya dilaksanakan dan dinikmati sesaat. Tetapi bisa dilaksanakan berulang kali, dan mampu menyerap wisatawan. Baik wisatawan nusantara maupun mancanegara," ujarnya.

Dibagian lain, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, menilai event ini akan sukses.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya