Singapura Klaim Bolu Pandan, 89 % Responden Menolak

Klik nusae - Kue Bolu Pandan mendadak ramai. Bukan karena rasa dan aromanya yang lembut itu,tetapi "Negeri Singa" ingin mengklaim kue tersebut sebagai makanan nasional Singapura. Polling pun dibuat, melalui situs www.straitstimes.com.

Hasilnya? 89.77 % responden menolak dan 9.76 % setuju,sisanya 0.47 % menyatakan belum tau,apa itu Bolu Pandan.

Bolu pandan yang berasal dari tanah Melayu (Singapura, Indonesia, Malaysia) yang diberi rasa dengan perasan daun Pandanus amaryllifolius memang menjadi salah satu makanan favorit.

Sejak lama makanan ini sudah terkenal di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, Laos, Thailand, Hong Kong dan China.

Pandan cake makin menjadi sorotan usai CNN menobatkannya sebagai kue favorit Singapura.Ada juga kue dari Indonesia yang termasuk 'Cakes of the world' versi CNN.

Pandan merupakan aroma dan rasa favorit untuk berbagai dessert di negeri Singa. Salah satunya pandan cake yang bahkan diajukan sebagai kue nasional Singapura, seperti dilansir lapor Straits Times.

Pandan cake tak ubahnya kue chiffon lembut berwarna hijau. Indonesia mengenalnya sebagai Chiffon Pandan.

Aroma kue ini menggugah selera dengan wangi khas daun pandan. Begitu juga rasanya yang manis dan lembut.

Bahan utama pembuatan pandan cake adalah tepung terigu, telur, mentega, gula, dan tentu saja daun pandan.

Penambahan daun ini memberi sentuhan hijau alami. Hanya saja beberapa pembuat pandan cake tetap menambahkan pewarna makanan hijau untuk mempercantik warnanya.

Soal sejarah, tidak diketahui pasti negara mana yang pertama kali membuat pandan cake. Namun untuk teknik pembuatan kue ini di Asia Tenggara, konon diperkenalkan pada masa kolonial Eropa.

Sebagai contoh, dulu Indonesia dijajah Belanda, Filipina dijajah Spanyol, dan Singapura serta Inggris termasuk milik Inggris.

Secara alami, kependudukan Eropa di negara-negara Asia Tenggara tersebut memberi banyak pengaruh untuk kuliner di tiap negara.

Dalam hal pandan cake, teknik pembuatannya merupakan pengaruh Eropa sementara bahan utamanya yaitu pandan merupakan daun populer di Asia Tenggara.

Sejak dahulu kala daun ini memang dipakai untuk memberi warna hijau alami dan aroma yang enak.

Nama lain pandan cake adalah bolu pandan di Indonesia, kek pandan di Malaysia, dan pandan cake di Singapura serta Filipina. Pandan cake biasanya jadi pendamping secangkir teh atau kopi hangat.

Lalu bagaimana dengan kue dari Indonesia? Lapis legit ternyata dinobatkan sebagai 'Cakes of the world' versi CNN tahun 2017. Sesuai namanya, lapis legit merupakan kue yang tersusun dari banyak lapis.

Ciri khas lapis legit adalah menggunakan banyak kuning telur untuk adonannya. Tak heran tekstur kue ini begitu lembut dan lembap dengan rasa gurih kuat.

Dalam pembuatannya, lapis legit juga ditambahkan rempah seperti kayu manis, pala, dan cengkeh.

Konon lapis legit pertama kali dibuat di Indonesia dalam masa penjajahan Belanda. Membuat lapis legit butuh waktu lama dan ketelatenan ekstra. Karenanya kue ini juga dijual dalam harga relatif tinggi.

Beberapa penjual lapis legit yang terkenal enak adalah Lapis Legit Sanny dan Lapis Legit Happy. Lapis Legit Sanny ada di kawasan Mangga Besar Jakarta Barat.

Tersedia dua ukuran kue yakni 18x18 cm dan 20x20 cm yang harganya mulai Rp 650 ribu saat beberapa tahun lalu.

Sementara Lapis Legit Happy ada di Jl. H. Nawi. Sejak tahun 2016, lapis legit di toko kue ini sudah dibanderol hampir Rp 1 juta per loyangnya.

Varian lapis legitnya tersedia dalam beberapa pilihan rasa yaitu prunes, keju, kenari, moka hingga lapis legit super.

'Cakes of the world' versi CNN juga menobatkan banyak kue dari negara lain. Diantaranya tiramisu dari Italia, black forest cake Jerman, cheesecake Amerika Serikat, madeleines Prancis, dan lamington dari Australia.

Nah, jika kalian dapat polling yang menyebutkan,Do you think pandan cake deserves to be Singapore's national cake. Jawablah,No.!

(adh/dtk)

Share this Post:

Berita Terkait