Awan Topi di Gunung Rinjani, Tak Berkaitan dengan Gempa NTB

Klik nusae - Baru-baru ini viral di media sosial mengenai keunikan fenomena alam yang memperlihatkan awan berbentuk topi menyelimuti puncak Gunung Rinjani. Banyak yang mengaitkan awan tersebut dengan gempa bumi yang sering terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun ternyata tak ada kaitannya, sehingga isu yang beredar itu dikategorikan hoaks.

Pernyataan itupun disampaikan Plt Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu. Ia mengungkapkan, berdasarkan penjelasan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena tersebut tidak ada hubungannya dengan gempa bumi.

"Fenomena puncak Gunung Rinjani tertutup awan yang melingkar seperti bertopi itu, tidak ada kaitannya dengan pertanda gempa yang terjadi akhir-akhir ini di NTB," ungkap Ferdinandus di Jakarta, Kamis (18/7/2019) dikutip dari laman kominfo.go.id.

Ferdinandus mengatakan penjelasan atas fenomena alam tersebut disampaikan oleh Agus Rianto selaku Kepala BMKG Mataram, NTB.

"Dari penjelasan Agus, fenomena alam berbentuk topi itu dikenal dengan sebutan awan Lenticular. Bahkan, Lenticular sendiri sering terjadi di puncak gunung dan bukan momen yang langka," jelasnya.

Untuk memperkuat fakta yang sebenarnya terjadi, Ferdinandus juga menyatakan hal itu turut dijelaskan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, pada Kompas.com, Rabu (17/7/2019).

"Awan lenticular itu terbentuk akibat aliran naik udara hangat yang membawa uap air mengalami pusaran. Itu sering terjadi di puncak gunung," ucapnya.

Adapun beberapa isu hoaks lainnya yang dirilis Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika per tanggal 18 Juli 2019, diantaranya

  1. Ada Stiker Tawaran Lolos Jalur Mandiri Universitas Brawijaya
  2. Lion Air Disebut Tak bayar Gaji Pramugara 3 Bulan
  3. Puncak Gunung Rinjani "Bertopi" Dikaitkan dengan Gempa NTB
  4. Penanganan Hipotermia Dengan Cara "Disetubuhi"
  5. Maruf Amin: Jika Ada Masyarakat Tak Mengakui Jokowi sebagai Pemimpin Selama 5 tahun Kedepan Maka Akan Masuk Neraka 7 Turunan
  6. Serangan Teroris di Algeria
  7. RRC Miliki Tanah Hasil Tukar Menukar Aset Antara TNI dengan PT Kereta Cepat Indonesia China
  8. Video Tsunami di Maluku
  9. Pasta Gigi Dapat Mengatasi Jerawat
  10. Formulir C1 Ditemukan di Ruang Ketua KPU.*** (IG)
Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya