150 Juta Menanti Untuk Foto Wisata Jalan Tol

Klik nusae - Inilah momen yang harus dimanfaatkan dengan baik. Selain mudik bersilahturahmi dengan keluarga,saudara dan handai taulan,libur lebaran juga  bisa ikut mempromosikan objek wisata. Apalagi jika beruntung dapat hadiah hanya dengan mengirimkan foto-foto destinasi.

Ya, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak masyarakat ikut Lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019 periode II.

Pada periode II ini, ia menekankan para peserta bisa memotret lanskap jalan tol atau hal yang berkaitan dengan mudik dengan memanfaatkan sisi kemudahan aksesibilitas destinasi yang telah banyak tersambung jalan tol.

"Kita harus memberikan apresiasi kepada Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan pembangunan jalan tol. Karena, akses ke sejumlah destinasi menjadi sangat mudah. Kawan-kawan yang ingin mengikuti Lomba Foto Instagram juga dipermudah, karena di rest area jalur tol sendiri banyak kuliner yang bisa diangkat," kata Arief dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/6/2019).

Periode II Lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019 digelar 27 Mei-10 Juni 2019. Sedangkan pengumuman dilakukan 15 Juni 2019.

Tema yang diangkat adalah Lebaran Penuh Pesona. Kegiatan ini memlombakan tiga kategori, yaitu Pesona Kuliner, Pesona Destinasi, dan Pesona Event.

Lebih lanjut ia mengingatkan para peserta untuk segera membuat konten yang kreatif, dengan pertimbangan waktu perlombaan yang tinggal dua hari lagi.

Sementara itu Staf Khusus Menpar bidang Media dan Komunikasi, Don Kardono, mengingatkan peserta untuk mengikuti mekanisme yang harus diikuti.

Mekanismenya antara lain peserta harus mengirimkan konten berbentuk foto ke akun pribadi masing masing, dan sertakan keterangan singkat tentang foto tersebut. Peserta juga harus follow dan mention akun @kemenpar @pesonaid_travel, dan tentunya @pesonamudik2019.

Ada juga hashtag yang harus disertakan. Untuk kategori kuliner, hashtag yang harus dipakai adalah #PesonaMudik2019, #KulinerIIPesonaMudik2019, #Pesonalndonesia, #Wonderfullndonesia, dan #LebaranPenuhPesona.

Sedangkan kategori destinasi hastag-nya adalah #PesonaMudik2019, #DestinasiIIPesonaMudik2019 #Pesonalndonesia, #Wonderfullndonesia, dan #LebaranPenuhPesona.

Lalu untuk hastag kategori event yaitu #PesonaMudik2019, #EventIIPesonaMudik2019, #Pesonalndonesia, #Wonderfullndonesia, dan #LebaranPenuhPesona.

"Karya kalian akan dinilai oleh juri yang sangat kompeten. Ada Fotografer Senior Kompas Arbain Rambey, dan Bambang Wijanarko (Fotografer Senior Kemenpar)," kata Don.

Ada ketentuan yang juga harus diikuti. Seperti tidak diperkenankan posting dalam bentuk slide foto, Tidak diperbolehkan menggunakan watermark, dan foto tidak mengandung unsur SARA, politik, hoax dan pornografi. Untuk penilaian, foto: 70, story: 20, interaksi: 10.

Peserta akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 150 juta. Dengan rincian juara Pesona Kuliner Rp 1 juta untuk 50 orang pemenang, juara Pesona Destinasi juga Rp 1 juta untuk 50 orang pemenang, begitu pun juara Pesona Event Rp 1 juta untuk 50 orang pemenang.

Ia juga mengatakan tidak sulit mencari bahan untuk lomba foto. Menurutnya di sepanjang Tol Trans Jawa terdapat 224 destinasi yang membentang dari Merak hingga Ponorogo.

"Komitmen Presiden Jokowi luar biasa. Infrastruktur yang dikembangkan ini akan memberikan impact bagus bagi pariwisata dan sektor lain. Sebab, Tol Trans-Jawa ini melewati ratusan destinasi dari banyak provinsi yang dilewatinya," ujarnya.

Selain destinasi wisata, Tol Trans Jawa juga bisa diangkat dari potensi kuliner lokal di sekitar area tol tersebut.

"Salah satu kekuatan pariwisata adalah kuliner. Wisatawan datang ke satu tempat untuk mencari kuliner. Selain tentunya menikmati budaya, juga shopping. Dan kehadiran tol baru ini mampu mengangkat potensi kuliner lokal. Itu sungguh luar biasa," sambung Don.

Menurutnya, pemerintahan Jokowi-JK yang getol membangun infrastruktur aksesbilitas ini memang dilakukan untuk mendongkrak perekonomian.

Termasuk melalui sektor pariwisata yang dijadikan leading sector selama 4 tahun ini, hingga pariwisata menjadi salah satu penyumbang devisa negara terbesar.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah meresmikan pembukaan Tol Trans Jawa ruas Jakarta hingga Surabaya, dan sebaliknya. Selain itu Jokowi juga semakin gencar mempromosikan pariwisata di Pulau Jawa.

"Ke mana kalian berlibur di akhir tahun ini? Saya mengajak kita semua menikmati liburan di dalam negeri. Kalian yang di Pulau Jawa misalnya, bisa bepergian antarkota dengan leluasa," kata Jokowi.

Dari Jakarta ke Semarang, sampai Surabaya misalnya, kini punya banyak pilihan rute, mulai jalur pantai selatan, pantai utara, atau lintas tengah.

(adh/dtk)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya