Menanti "Golden Sunrise" di Bukit Sikunir Wonosobo

Klik nusae - Bukit Sikunir berada di kawasan dataran tinggi Dieng, ketinggiannya mencapai 2.263 mdpl. Lokasinya di Desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah dan merupakan salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa. Bukit Sikunir juga terkenal sebagai surganya para pencari sunrise.  Saking indahnya, Sikunir pun dijuluki sebagai "Golden Sunrise" karena awan yang terlihat berwarna seperti keemasan akibat pantulan cahaya matahari terbit.

Untuk menikmati keindahan dari fenomena "Golden Sunrise" itu, wisatawan diharuskan mendaki Bukit Sikunir dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari titik start area parkir dekat Telaga Cebong. Meskipun sudah tersedia jalur aman, namun harus tetap berhati-hati karena kontur jalan yang licin. Sesampainya di atas bukit, kita akan disuguhi pula dengan panorama alam Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Unggaran, Telomoyo, Pakuwaja, dan deret Pegunungan Nganjir.

Pada umumnya para wisatawan mendirikan tenda saat menunggu munculnya "Golden Sunrise" di Bukit Sikunir yang disebut-sebut sebagai yang terindah di Indonesia. Bagi mereka yang tidak membawa perlengkapan camping, tersedia tempat penyewaan dengan kisaran harga 100 ribu rupiah per satu set lengkap. Namun jangan khawatir untuk pengunjung yang enggan tidur di tenda, banyak juga fasilitas home stay untuk menginap.

Alangkah baiknya jika ingin menikmati "Golden Sunrise" dengan sempurna, datanglah di musim kemarau antara Juli - Agustus saat langit dalam keadaan cerah. Selain Bukit Sikunir, ada banyak juga objek wisata lain di kawasan Dieng tersebut, diantaranya Kawah Candradimuka, Pangonan Dieng, Candi Arjuna Dieng, Telaga Menjer, Telaga Dringo, Telaga Warna dan Pengilon, Kawah Sikidang, Sumur Jalatunda, Batu Ratapan Angin, Gardu Pandang Tieng, Gunung Pakuwaja, Kawah Sileri, Telaga Merdada, dan Gunung Prau Dieng.*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya