Gerakan Sapta Pesona Di Kaltim Dan Sumenep

JELAJAH NUSA - Kementerian Pariwisata tak pernah berhenti mengenalkan pariwisata tanah air. Berbagai  terobosan terus dilakukan  untuk menggenjot kunjungan wisatawan. Salah satunya, melalui kampanye Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona secara serentak.

Kampanye dilakukan  di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 25 Agustus, dan di Sumenep, Jawa Timur, 4 September lalu. Gerakan sadar wisata bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Khususnya masyarakat di sekitar destinasi pariwisata.

"Kegiatan ini dilakukan kepada masyarakat yang dekat destinasi wisata. Agar, mereka bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan," kata Deputi Bidang Pengembagan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Rizki Handayani Mustafa di Jakarta, Kamis (6/9).

Rizki meminta agar masyarakat terus  berperan aktif dalam menciptakan iklim pariwisata yang kondusif. Dengan demikian, akan mendorong tumbuh kembang kegiatan kepariwisataan di daerah. Dan secara tidak langsung, dapat menarik para wisatawan datang dan berwisata di Indonesia,"

Rizki Handayani Mustafa menjelaskan, terdapat tujuh unsur yang membuat wisatawan nyaman saat berkunjung, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan punya kenangan. "Jika objek wisata memiliki semua unsur Sapta Pesona, wisatawan akan ramai dan mereka akan kembali lagi. Melalui kegiatan hari ini, kita ingin menerapkan kembali Sapta Pesona kepada para peserta, yang merupakan para pegiat pariwisata di daerahnya masing-masing," ujarnya.

Gerakan sadar wisata di Sumenep, dilakukan dengan membersihkan destinasi makam raja-raja asta tinggi Sumenep. Kabupaten yang ada di Utara Jawa Timur itu memang terkenal dengan kultur yang masih sangat kuat. Tak jarang para wisatawan menyambangi Sumenep hanya untuk sekadar berwisata religi.

"Gerakan ini, dapat mencetak agen perubahan wisata. Sehingga kita nanti bisa memberikan pelayanan yang ramah, senyum dan lain sebagainya terhadap para wisatawan. Nantinya, wisata Kabupaten Sumenep bisa menjadi sektor utama diberbagai daerah kabupaten lainnya," ujar Kiki.

Di Balikpapan, gerakan sadar wisata dilakukan di Pantai Manggar. Aksi yang juga dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dapil Kalimantan Timur-Kalimantan Utara Hetifah, dan diikuti 150 peserta. Mereka terjun langsung bersama masyarakat membersihkan pantai yang memiliki nama lain Segara Sari.

"Di sana Kami mengajak warga agar menjaga tempat pariwisata demi menciptakan destinasi wisata yang menjadi daya tarik pengunjung. Serta diperlukan sumberdaya manusia untuk meningkatkan kompetensi pemandu wisata," ujar Kiki.

Asisten Deputi Bidang SDM dan Hubungan Antar Lembaga Wisnu Bawa Tarunajaya, juga berharap masyarakat sekitar destinasi bisa melek pariwisata.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya