Wisata di Parijs Van Sumatera

JELAJAH NUSA - Sebagai kota wisata di Sumatera Barat, Bukittinggi memiliki beberapa tempat sejarah yang masih dijaga kelestarian spot yang dijadikan tempat wisata. Kota ini sering disebut juga sebagai Parijs van Sumatera.
Terdapat beberapa tempat sejarah yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya,  Lobang Jepang,Ngarai Sianok, Jam Gadang dan Benteng Fort de Kock.Dilansir dari beberapa sumber, Bukittinggi merupakan kota perjuangan bangsa dan merupakan tempat kelahiran beberapa tokoh pendiri Republik Indonesia. Bukti bangunan sisa jaman kolonial begitu terasa jika traveler beranjak ke arah pasar atas.

Deretan bangunan tua dengan arsitektur Eropa berdiri kokoh disepanjang jalan menuju pasar atas, yang notabene merupakan pasar utama masyarakat sekitar.Disebelah kiri perjalanan tepatnya belakang pasar tersebut, traveler akan menemukan tangga dengan anak tangga yang banyak di kota yang memiliki jam gadang (besar) tersebut. Berjalan kearah barat akan bertemu dengan peninggalan belanda lainya yaitu Kebun Margasatwa Bukittinggi.

Di sana terdapat berbagai jenis binatang yang dikarantina oleh pemerintah setempat. Selain itu, jika bergerak sedikit ke arah samping dengan menyeberangi jembatan gantung, akan tampak bangunan tua dan menarik untuk didatangi, benteng Fort de Kock. Disana juga terdapat spot wisata lainya yang kudu didatangi seperti Budaya Kinantan dan Museum Rumah Adat Baanjuang.

(OZI)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya